RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Materi Pokok               :   Energi dan Penggunaannya
Kelas/Semester            :   IV/2
waktu                           :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek
A.    Standar Kompetensi       : 
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik
C.    Indicator 
o   Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik
D.    Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Mengetahui bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan mengetarkan sumber bunyi, seperti :
 
-       Gitar
-       Biola
-       Piano
-       Suling
-       Terompet
-       Gendang
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Energi dan penggunaannya
- Perubahan bunyi melalui alat musik
 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Batu, pengaris mika, mug, kantong plastik, kertas koran, handuk, air hangat, jam, karet gelang.
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
|    Pertemuan ke 1  |      |  ||
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Memahami peta konsep tentang   Energi panas.  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami   istilah sumber energi panas. F Memahami matahari   sebagai sumber energi panas yang sangat besar dan tidak akan habis serta   fungsinya bagi kehidupan di Bumi. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; F Menyebutkan contoh   sumber energi panas -     Lilin yang menyala   menghasilkan panas -     Gesekan antara dua benda   dapat menghasilkan panas. -     Dua telapak tangan yang   digesekan menghasilkan panas F Menyebutkan cara   perpindahan panas untuk kebutuhan. & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa; -         Sumber energi panas terbesar   adalah matahari -         Panas dapat berpindah o        |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Tugas rumah  |      |  ||
|    Pertemuan ke 2  |  |||
|    Apersepsi  dan Motivasi : 
 o     Menagih tugas  o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya.  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang energi   Bunyi. F Memahami dan memberikan contoh bahwa bunyi   dihasilkan oleh benda yang bergetar: F Memahami istilah frekuensi, amplitodo dan nada. F Memahami bunyi audiosonik, infrasonik dan   ultrasonik. F Memahami bahwa bunyi   dapat merambat melalui  -         benda gas,  -         benda cair  -         benda padat. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa   bunyi dihasilkan oleh getaran  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Mengerjakan latihan  |      |  ||
|    Pertemuan ke 3  |  |||
  
 o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya mengenai kegiatan 8.4.  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami bahwa kecepatan perambatan   bunyi melalaui berbagai jenis benda tidaklah sama. F Memahami pemantulan   bunyi  -         Bunyi pantul -         Gaung atau Kerdam -         Gema F Memahami penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat menyerap bunyi 
 F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa   bunyi dapat dipantulkan dan diserap  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Mengerjakan tugas  |      |  ||
|    Pertemuan ke 4  |  |||
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Mengulang materi pertemuan sebelumnya   mengenai kegiatan 8.4.  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Mengetahui   bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan mengetarkan sumber   bunyi, seperti : 
 F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa   bunyi dapat dihasil oleh alat musik  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Mengerjakan tugas  |      |  ||
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o  Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik  |      Tes Lisan  |      Uraian  |      o  Jelaskanlah bukti perubahan bunyi melalui alat musik  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua   salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      *   Pengetahuan *   kadang-kadang Pengetahuan * tidak   Pengetahuan * aktif  Praktek *   kadang-kadang aktif * tidak   aktif * Sikap *   kadang-kadang Sikap * tidak   Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |      |      |      |      |      |      |      |  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ..........., ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
waktu                           :   2 x 45 menit 
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
B.     Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
C.    Indicator 
o   Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran
o   Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya.
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menceritakan perubahan kenampakan bumi karena pengaruh berputarnya bumi pada porosnya 
o   Siswa dapat Memahami pasang naik dan pasang surut air laut akibat pengaruh dari bulan.
- Siswa dapat Memberikan contoh pengaruh dari pasang surut dan pasang naik air laut..
 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Perubahan kenampakan bumi 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Memahami kembali peta konsep   tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit.  |      (5 menit)  |  
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Mampu menceritakan perubahan   kenampakan bumi karena pengaruh berputarnya bumi pada porosnya yaitu   terjadinya siang dan malam F Memahami pasang naik dan   pasang surut air laut akibat pengaruh dari bulan. F Memberikan contoh   pengaruh dari pasang surut dan pasang naik air laut. -         petani garam membuat petak   garam saat pasang naik. -         Saat pasang naik air laut   tinggi, nelayan tidak melaut. -         Pasang naik dimanfaatkan oleh   kapal besar untuk berlabuh di dermaga. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa: -         bumi tampak terang di siang   hari karena menerima cahaya matahari. -           |      (5 menit)  |  
  
 -  |      |  
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o  Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan   udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan   kebakaran o  Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan   dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan   lingkungannya.  |      Tugas Individu  |      Uraian Objektif  |      o  Jelaskanlah perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan   udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan   kebakaran o  Jelaskanlah pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan   dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan   lingkungannya.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
waktu                           :   2 x 45 menit 
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
B.     Kompetensi Dasar
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
C.    Indicator 
o   Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o   Mencari informasi tentang kedudukan benda langit.
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menyebutkan benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat bantu
o   matahari
o   bulan 
o   bintang
o   Siswa dapat Mampu menceritakan perubahan kenampakan benda langit
o   kenampakan matahari
o   kenampakan bulan
o   kenampakan bintang
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Perubahan kenampakan benda-benda langit. 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Memahami kembali peta konsep   tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit.  |      (5 menit)  |  
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menyebutkan   benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat bantu -         matahari -         bulan  -         bintang F Mampu menceritakan   perubahan kenampakan benda langit -         kenampakan matahari -         kenampakan bulan -         kenampakan bintang F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; F Melakukan uji kompetensi    & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa: -         Benda langit yang dapat   memancarkan cahayanya sendiri adalah bintang. -         Bulan tampak terang karena   memantulkan cahaya matahari.  |      (5 menit)  |  
  
 o     Mengerjakan latihan  |      |  
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o  Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati   penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan   tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari. o  Mencari informasi tentang kedudukan benda langit.  |      Tugas Individu  |      Uraian   Objektif  |      o  Jelaskanlah kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan   benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam,   penampakan bulan dari hari ke hari. o  Jelaskanlah informasi tentang kedudukan benda langit.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan Lingkungan
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
B.     Kompetensi Dasar
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut). 
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
C.    Indicator 
- Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
 - Menjelaskan pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
 - Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
 - Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi
 
D.    Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Memahami proses terjadinya angin darat dan angin laut .
 - Siswa dapat Memahami bahwa pengaruh angin, hujan, matahari, gelombang laut dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan
 - Siswa dapat Mencari nama angin yang merugikan
 - Siswa dapat Melakukan kegiatan
 - Siswa dapat Memahami cara mencegah erosi
 - Siswa dapat Memahami pentingnya menanam pohon bakau.
 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Perubahan Lingkungan
o   Pengaruh Angin 
o   Pengarug Hujan.
o   Pengaruh Matahari.
- Pengaruh Gelombang
 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
|    Pertemuan ke-1  |  |||
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Memahami kembali peta konsep   tentang perubahan lingkungan  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami proses terjadinya angin   darat dan angin laut  F Memahami bahwa angin dapat menghasilkan   perubahan yang menguntungkan -         kincir angin untuk   menghasilkan energi listrik -         mengeringkan pakaian dan makan   yang dijemur -         bermain layang-layang -         berlayar dan selancar angin F Memahami bahwa angin   dapat menghasilkan perubahan yang merugikan -         Pengikisan tanah (korasi) -         Angin besar dapat   menumbangkan bangunan dan pepohonan F Mencari nama angin yang   merugikan  F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa   angin darat dan angin laut terjadi karena perbedaan suhu udara di darat dan   di laut  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Tugas  |      |  ||
|    Pertemuan ke-2  |  |||
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami   bahwa hujan dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan -     Mengairi sawah -     Membuat udara lebih segar F Memahami bahwa hujan   dapat menghasilkan perubahan yang merugikan 
 F Memahami cara mencegah   erosi F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa: -         Hujan membuat udara menjadi   lebih bersih -         Hujan deras dapat   mengakibatkan banjir, erosi, dan tanah longsor  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Mengerjakan tugas  |      |  ||
|    Pertemuan ke-3  |      |  ||
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan. o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya  |      (5 menit)  |  ||
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami bahwa pengaruh matahari dapat   menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan F Memahami bahwa pengaruh gelombang laut dapat   menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan F Memahami pentingnya   menanam pohon bakau. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; F Mengerjakan uji   kompetensi  & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,   memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  ||
  
 o     Menarik kesimpulan bahwa: -         Matahari memberikan cahaya   dan panas bagi kehidupan di bumi -         Gelombang laut dapat   menyebabkan abrasi  |      (5 menit)  |  ||
  
 o     Mengerjakan latihan  |      |  ||
H.    Penilaian:
|    Indikator   Pencapaian Kompetensi  |      Teknik   Penilaian  |      Bentuk   Instrumen  |      Instrumen/   Soal  |  
|    o    Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan   lingkungan fisik.  o    Menjelaskan   pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan,   cahaya matahari dan gelombang laut). o    Mendemonstrasikan   proses terjadinya erosi pada permukaan tanah. o    Mengidentifikasi   cara mencegah erosi tanah dan abrasi  |      Tugas   Individu dan   kelompok  |      Laporan   dan unjuk kerja Uraian   Objektif  |      o    Jelaskanlah  berbagai faktor penyebab perubahan   lingkungan fisik.  o    Jelaskanlah  pengaruh factor penyebab perubahan   lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang   laut). o    Jelaskanlah  proses terjadinya erosi pada permukaan   tanah. o    Jelaskanlah  cara mencegah erosi tanah dan abrasi  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&  LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5. 6.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
 waktu                          :   2 x 35 menit 
Metode                         :   Demontrasi, Tanya jawab, Diskusi
A.    Standar Kompetensi       : 
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
B.     Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
C.    Indicator 
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari hewan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup.
o   Menyebutkan pengertian sumber daya alam.
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Melalui demontrasi dan diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan.
o   Melalui demontrasi dan diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari hewan.
o   Melalui demontrasi dan diskusi Siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup.
o   Melalui Tanya jawab siswa dapat menyebutkan pengertian sumber daya alam dengan benar.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
SUMBER DAYA ALAM
Kelompok benda berdasarkan asalnya
o   Benda yang berasal dari tumbuhan 
a.Bahan pangan
    Berbagai makanan berasal dari tumbuhan.Nasi dibuat dari beras, beras berasal dari padi. Roti dibuat dari teregu, teregu berasal dari gandum. Kecap berasal dari kedelai. Cokelat berasal dari biji cokelat. Permen dibuat dari gula, gula berasal dari tebu.
b.Bahan sandang
    Kain katun terbuat dari serat kapas. Serat kapas berasal dari bunga kapas. Berbagai kasur, bantal, dan guling diisi dengan kapuk. Kapuk berasal dari buah kapuk.
c.Peralatan rumah tangga
   Lemari, kursi, meja dan figura dibuat dari kayu.  
d.Produk kesehatan dan perawatan tubuh
   Jamu dibuat dari berbagai tanaman obat. Kencur, jahe, kunyit, kumis         
   kucing. Sampo dibuat dari sari lidah buaya. Sabun mandi dibuat dari bunga  
   mawar.
o   Benda yang berasal dari hewan 
a.Bahan pangan
   Telur berasal dari ayam dan susu berasal dari susu sapi.
b.Bahan sandang
   Kain sutera berasal dari serat kepompong ulat sutera.
      c.Produk kesehatan 
         Daging Biawak
o   Benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup 
a.    Bahan bangunan
Batu bata, keramik, pasir, semen
b.    Peralatan rumah tangga
Panci, sendok, piring, gelas
F.     Media Belajar/Sumber
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Kurikulum KTSP
o   Silabus 
o   Nasi, Roti, Kecap, Cokelat, Permen, Kain katun  gambar Lemari, kursi, meja dan figura. Jamu, Sampo, Sabun mandi, Telur, susu, gambar Kain sutera berasal dari serat kepompong ulat sutera, gambar daging Biawak
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  
 -         Menyiapkan kondisi kelas -         Berdo’a -         Mengabsen siswa -         Menyampaikan tujuan   pembelajaran -          Apersepsi  dan Motivasi : Menanyakan   kepada siswa apakah sarapan pagi mau pergi sekolah?  |      (10 menit)  |  
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan  di kelas. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Membagi peserta didik duduk berkelompok (3 kelompok) F Memfasilitasi peserta   didik melalui pemberian Media pembelajaran, dan LKS   kepada masing-masing kelompok untuk diskusi. F Memberi kesempatan untuk   berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa   takut; F Memfasilitasi peserta   didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok; F Kelompok I mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan -         Bahan pangan (nasi, roti,   terigu, kecap, tahu, tempe dan oncom) -         Bahan sandang (pakaian, kasur,   banta, guling) -         Peralatan rumah tangga   (kusen, pintu, meja, kursi, lemari, pensil) -         Produk kesehatan dan   perawatan tubuh (jamu, sampo, sabun, mandi) F Kelompok II mengelompokkan benda yang berasal dari hewan -         Bahan pangan (daging, telur,   susu) -         Bahan sandang (kain sutera,   wol, jaket, sepatu, tas) -         Produk kesehatan (susu kuda   liar, daging biawak) F Kelompok III mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup -         Bahan bangunan (batu bata,   pasir, semen, genteng, kayu, tiang besi) -         Peralatan rumah tangga (kantong   plastik, ember, baskom, kabel listrik, gas, bensin, batu bara). F Peserta didik menyebutkan pengertian sumber daya alam & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya   jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  
  
 o     Memberikan kesimpulan benda   yang berasal dari tumbuhan, hewan dan bahan alam yang tidak hidup dapat   memenuhi kebutuhan manusia  |      (10 menit)  |  
  
 o     Mengerjakan latihan  |      |  
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o     Mengelompokkan benda yang   berasal dari tumbuhan. o     Mengelompokkan benda yang   berasal dari hewan. o     Mengelompokkan benda yang   berasal dari bahan alam tidak hidup. o     Menyebutkan pengertian sumber   daya alam.  |      Tugas (PR) Individu  |      Uraian   |      1.   Tuliskanlah 3 jenis        tumbuhan untuk obat-       obatan! 2.Sebutkanlah   2 contoh       hewan yang termasuk        bahan pangan? 3.Tuliskanlah   3     bahan untuk membuat       bangunan! 4.Sebutkanlah   pengertian      sumber daya alam!  |  
Kunci Jawaban
1.3 Jenis tumbuhan untuk obat-obatan
    -kencur
    -jahe
    -kumis kucing
2.2 contoh hewan yang termasuk bahan pangan
   -kambing
   -sapi
   -ayam
3.3 bahan untuk membuat bangunan 
   -semen
   -pasir
   -besi
4.Sumber daya alam adalah bahan dari alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi   
    kebutuhan manusia
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      * semua   benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&   
&   
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
waktu                           :   2 x 45 menit 
Metode                         :   ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
B.     Kompetensi Dasar
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
C.    Indicator
o   Mengidentifikasi hubungan antara sumber daya alam dengan penggunaan teknologi
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
o   Siswa dapat Memahami proses pembuatan
-       Kertas
-       Roti
-       Nasi
-       Bahan sandang.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
o   Proses pembuatan benda
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |      (5 menit)  |  
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami   peta konsep tentang sumber daya alam F Memahami proses   pembuatan kertas  Kayu gelondong ® kayu dipotong ® pulp ® mesin pembuat kertas F Memahami proses   pembuatan roti Tepung terigu +   air + ragi + gula pasir ® roti F Memahami proses   pembuatan nasi Padi ® beras dimasak dengan air ® nasi F Memahami proses   pembuatan kertas bahan sandang -         Buah kapas ® dipintal ®  gulungan benang ®Kapas -         Rambut domba ® dipintal ®  gulungan benang ® wol  -         Ulat sutera ® sutera F tumbuhan, hewan dan   bahan alam tidak hidup. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya   jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  
  
 o     Memberikan kesimpulan  -         Nasi dibuat dari biji padi   yang dimasak dengan air -         Bahan sandang dibuat dari   kapas, wol, dan sutera  |      (5 menit)  |  
  
 o     Membuat produk baru bernilai   ekonomis dari bahan-bahan buangan  |      |  
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o  Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia dengan   menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas.  |      Tugas Individu dan kelompok  |      Uraian Objektif  |      o  Jelaskanlah hasil teknologi yang digunakan manusia dengan   menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4. 5.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
 waktu                          :   2 x 45 menit 
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
B.     Kompetensi Dasar
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
C.    Indicator 
o   Mengamati akibat yang ditimbulkan dari pengambilan sumber daya alam yang teru menerus terhadap lingkungan
D.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
o   Siswa dapat Memahami dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian
o   Siswa dapat Memahami langkah pelestarian alam
o   Siswa dapat Memahami cara menghemat energi dan mengurangi pencemaran udara, tanah dan air
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Sumber Daya Alam
o   Dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian. (hlm.214)
o   Menghemat energi dan mengurangi pencemaran.
F.     Media Belajar
o   Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menagih pekerjaan rumah o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya, dan membacakan indikator   |      (5 menit)  |  
  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami   peta konsep tentang sumber daya alam F Memahami dampak   pengambilan bahan alam tanpa pelestarian –       Tanah menjadi tidak subur –       Tanah terbuka tanpa tumbuhan   lebih mudah terkena erosi F Memahami langkah   pelestarian alam F Memahami cara menghemat   energi dan mengurangi pencemaran udara, tanah dan air F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis   yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; F Melakukan uji kompetensi    & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya   jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan  |      (50 menit)  |  
  
 o     Membuat kesimpulan bahwa   pengambilan bahan alam harus disertai dengan pelestarian alam  |      (5 menit)  |  
  
 o     Melakukan tugas  |      |  
H.    Penilaian:
|    Indikator Pencapaian Kompetensi  |      Teknik Penilaian  |      Bentuk Instrumen  |      Instrumen/ Soal  |  
|    o  Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam   tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan. o  Membiasakan diri untuk menggunakan sumber daya alam secara   bijaksana.  |      Tugas Individu  |      Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif  |      o  Sebutkanlah informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam   tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan. o  Jelaskanlah menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1.  |      Konsep  |      *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |      4 3 2 1  |  
&  Performansi 
|    No.  |      Aspek  |      Kriteria  |      Skor  |  
|    1. 2. 3.  |      Pengetahuan  Praktek Sikap  |      * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |      4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
|    No  |      Nama Siswa  |      Performan  |      Produk  |      Jumlah Skor  |      Nilai  |  ||
|    Pengetahuan  |      Praktek  |      Sikap  |  |||||
|    1. 2. 3. 4.  |      |      |      |      |      |      |      |  
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
Posting Komentar