RPP IPA Kelas IV SD (3)



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Materi Pokok               :   Energi dan Penggunaannya
Kelas/Semester            :   IV/2
waktu                           :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

C.    Indicator
o   Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Mengetahui bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan mengetarkan sumber bunyi, seperti :
-       Gitar
-       Biola
-       Piano
-       Suling
-       Terompet
-       Gendang

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Energi dan penggunaannya
  • Perubahan bunyi melalui alat musik

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Batu, pengaris mika, mug, kantong plastik, kertas koran, handuk, air hangat, jam, karet gelang.

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami peta konsep tentang Energi panas.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami istilah sumber energi panas.
F Memahami matahari sebagai sumber energi panas yang sangat besar dan tidak akan habis serta fungsinya bagi kehidupan di Bumi.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan contoh sumber energi panas
-   Lilin yang menyala menghasilkan panas
-   Gesekan antara dua benda dapat menghasilkan panas.
-   Dua telapak tangan yang digesekan menghasilkan panas
F Menyebutkan cara perpindahan panas untuk kebutuhan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa;
-       Sumber energi panas terbesar adalah matahari
-       Panas dapat berpindah
o    

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas rumah


Pertemuan ke 2
Apersepsi  dan Motivasi :
  1. Pendahuluan
o   Menagih tugas
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang energi Bunyi.
F Memahami dan memberikan contoh bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar:
F Memahami istilah frekuensi, amplitodo dan nada.
F Memahami bunyi audiosonik, infrasonik dan ultrasonik.
F Memahami bahwa bunyi dapat merambat melalui
-       benda gas,
-       benda cair
-       benda padat.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dihasilkan oleh getaran

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

Pertemuan ke 3
  1. Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya mengenai kegiatan 8.4.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa kecepatan perambatan bunyi melalaui berbagai jenis benda tidaklah sama.
F Memahami pemantulan bunyi
-       Bunyi pantul
-       Gaung atau Kerdam
-       Gema
F Memahami penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat menyerap bunyi
-       Karet
-       Karpet
-       Goni
-       Kertas
-       Kain
-       Busa
-       Spon
-       Wol
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dipantulkan dan diserap


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas

Pertemuan ke 4
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya mengenai kegiatan 8.4.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengetahui bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan mengetarkan sumber bunyi, seperti :
-       Gitar
-       Biola
-       Piano
-       Suling
-       Terompet
-       Gendang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dihasil oleh alat musik

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas









H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik

Tes Lisan

Uraian
o  Jelaskanlah bukti perubahan bunyi melalui alat musik


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  

CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ..........., ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit

B.     Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.

C.    Indicator
o   Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran
o   Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menceritakan perubahan kenampakan bumi karena pengaruh berputarnya bumi pada porosnya
o   Siswa dapat Memahami pasang naik dan pasang surut air laut akibat pengaruh dari bulan.
  • Siswa dapat Memberikan contoh pengaruh dari pasang surut dan pasang naik air laut..

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Perubahan kenampakan bumi

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mampu menceritakan perubahan kenampakan bumi karena pengaruh berputarnya bumi pada porosnya yaitu terjadinya siang dan malam
F Memahami pasang naik dan pasang surut air laut akibat pengaruh dari bulan.
F Memberikan contoh pengaruh dari pasang surut dan pasang naik air laut.
-       petani garam membuat petak garam saat pasang naik.
-       Saat pasang naik air laut tinggi, nelayan tidak melaut.
-       Pasang naik dimanfaatkan oleh kapal besar untuk berlabuh di dermaga.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa:
-       bumi tampak terang di siang hari karena menerima cahaya matahari.
-       Gaya tarik bulan mengakibatkan terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-



H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran

o  Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya.

Tugas Individu

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran

o  Jelaskanlah pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit

B.     Kompetensi Dasar
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.

C.    Indicator
o   Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o   Mencari informasi tentang kedudukan benda langit.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menyebutkan benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat bantu
o   matahari
o   bulan
o   bintang
o   Siswa dapat Mampu menceritakan perubahan kenampakan benda langit
o   kenampakan matahari
o   kenampakan bulan
o   kenampakan bintang

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
Perubahan kenampakan benda-benda langit.

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit.
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyebutkan benda-benda langit yang mudah dilihat tanpa alat bantu
-       matahari
-       bulan
-       bintang
F Mampu menceritakan perubahan kenampakan benda langit
-       kenampakan matahari
-       kenampakan bulan
-       kenampakan bintang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan uji kompetensi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa:
-       Benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri adalah bintang.
-       Bulan tampak terang karena memantulkan cahaya matahari.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o  Mencari informasi tentang kedudukan benda langit.

Tugas Individu

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o  Jelaskanlah informasi tentang kedudukan benda langit.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Perubahan Lingkungan
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

B.     Kompetensi Dasar
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

C.    Indicator
  • Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
  • Menjelaskan pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
  • Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
  • Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Memahami proses terjadinya angin darat dan angin laut .
  • Siswa dapat Memahami bahwa pengaruh angin, hujan, matahari, gelombang laut dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan
  • Siswa dapat Mencari nama angin yang merugikan
  • Siswa dapat Melakukan kegiatan 
  • Siswa dapat Memahami cara mencegah erosi
  • Siswa dapat Memahami pentingnya menanam pohon bakau.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Perubahan Lingkungan
o   Pengaruh Angin
o   Pengarug Hujan.
o   Pengaruh Matahari.
  • Pengaruh Gelombang

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang perubahan lingkungan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami proses terjadinya angin darat dan angin laut
F Memahami bahwa angin dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan
-       kincir angin untuk menghasilkan energi listrik
-       mengeringkan pakaian dan makan yang dijemur
-       bermain layang-layang
-       berlayar dan selancar angin
F Memahami bahwa angin dapat menghasilkan perubahan yang merugikan
-       Pengikisan tanah (korasi)
-       Angin besar dapat menumbangkan bangunan dan pepohonan
F Mencari nama angin yang merugikan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa angin darat dan angin laut terjadi karena perbedaan suhu udara di darat dan di laut

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas

Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa hujan dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan
-   Mengairi sawah
-   Membuat udara lebih segar
F Memahami bahwa hujan dapat menghasilkan perubahan yang merugikan
-       Banjir
-       Tanah longsor
-       Erosi

F Memahami cara mencegah erosi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa:
-       Hujan membuat udara menjadi lebih bersih
-       Hujan deras dapat mengakibatkan banjir, erosi, dan tanah longsor


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa pengaruh matahari dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan
F Memahami bahwa pengaruh gelombang laut dapat menghasilkan perubahan yang menguntungkan dan merugikan
F Memahami pentingnya menanam pohon bakau.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Mengerjakan uji kompetensi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa:
-       Matahari memberikan cahaya dan panas bagi kehidupan di bumi
-       Gelombang laut dapat menyebabkan abrasi


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan




H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
o  Menjelaskan pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).

o  Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.

o  Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi
Tugas Individu
dan kelompok


Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
o  Jelaskanlah  pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).


o  Jelaskanlah  proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.

o  Jelaskanlah  cara mencegah erosi tanah dan abrasi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
 waktu                          :   2 x 35 menit
Metode                         :   Demontrasi, Tanya jawab, Diskusi

A.    Standar Kompetensi       :
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

B.     Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.

C.    Indicator
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari hewan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup.
o   Menyebutkan pengertian sumber daya alam.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Melalui demontrasi dan diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan.
o   Melalui demontrasi dan diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari hewan.
o   Melalui demontrasi dan diskusi Siswa dapat mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup.
o   Melalui Tanya jawab siswa dapat menyebutkan pengertian sumber daya alam dengan benar.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial

SUMBER DAYA ALAM

Kelompok benda berdasarkan asalnya
o   Benda yang berasal dari tumbuhan
a.Bahan pangan
    Berbagai makanan berasal dari tumbuhan.Nasi dibuat dari beras, beras berasal dari padi. Roti dibuat dari teregu, teregu berasal dari gandum. Kecap berasal dari kedelai. Cokelat berasal dari biji cokelat. Permen dibuat dari gula, gula berasal dari tebu.

b.Bahan sandang
    Kain katun terbuat dari serat kapas. Serat kapas berasal dari bunga kapas. Berbagai kasur, bantal, dan guling diisi dengan kapuk. Kapuk berasal dari buah kapuk.

c.Peralatan rumah tangga
   Lemari, kursi, meja dan figura dibuat dari kayu. 

d.Produk kesehatan dan perawatan tubuh
   Jamu dibuat dari berbagai tanaman obat. Kencur, jahe, kunyit, kumis         
   kucing. Sampo dibuat dari sari lidah buaya. Sabun mandi dibuat dari bunga 
   mawar.

o   Benda yang berasal dari hewan
  
a.Bahan pangan
   Telur berasal dari ayam dan susu berasal dari susu sapi.

b.Bahan sandang
   Kain sutera berasal dari serat kepompong ulat sutera.

      c.Produk kesehatan
         Daging Biawak

o   Benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup
a.    Bahan bangunan
Batu bata, keramik, pasir, semen

b.    Peralatan rumah tangga
Panci, sendok, piring, gelas

F.     Media Belajar/Sumber
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Kurikulum KTSP
o   Silabus
o   Nasi, Roti, Kecap, Cokelat, Permen, Kain katun  gambar Lemari, kursi, meja dan figura. Jamu, Sampo, Sabun mandi, Telur, susu, gambar Kain sutera berasal dari serat kepompong ulat sutera, gambar daging Biawak
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Kegiatan awal
-       Menyiapkan kondisi kelas
-       Berdo’a
-       Mengabsen siswa
-       Menyampaikan tujuan pembelajaran
-        Apersepsi  dan Motivasi :
Menanyakan kepada siswa apakah sarapan pagi mau pergi sekolah?
(10 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan  di kelas.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membagi peserta didik duduk berkelompok (3 kelompok)
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian Media pembelajaran, dan LKS kepada masing-masing kelompok untuk diskusi.
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok;
F Kelompok I mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan
-       Bahan pangan (nasi, roti, terigu, kecap, tahu, tempe dan oncom)
-       Bahan sandang (pakaian, kasur, banta, guling)
-       Peralatan rumah tangga (kusen, pintu, meja, kursi, lemari, pensil)
-       Produk kesehatan dan perawatan tubuh (jamu, sampo, sabun, mandi)
F Kelompok II mengelompokkan benda yang berasal dari hewan
-       Bahan pangan (daging, telur, susu)
-       Bahan sandang (kain sutera, wol, jaket, sepatu, tas)
-       Produk kesehatan (susu kuda liar, daging biawak)
F Kelompok III mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup
-       Bahan bangunan (batu bata, pasir, semen, genteng, kayu, tiang besi)
-       Peralatan rumah tangga (kantong plastik, ember, baskom, kabel listrik, gas, bensin, batu bara).
F Peserta didik menyebutkan pengertian sumber daya alam

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan benda yang berasal dari tumbuhan, hewan dan bahan alam yang tidak hidup dapat memenuhi kebutuhan manusia

(10 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari tumbuhan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari hewan.
o   Mengelompokkan benda yang berasal dari bahan alam tidak hidup.
o   Menyebutkan pengertian sumber daya alam.

Tugas (PR) Individu

Uraian

1. Tuliskanlah 3 jenis  
    tumbuhan untuk obat- 
    obatan!
2.Sebutkanlah 2 contoh 
    hewan yang termasuk  
    bahan pangan?
3.Tuliskanlah 3
    bahan untuk membuat 
    bangunan!
4.Sebutkanlah pengertian  
   sumber daya alam!


Kunci Jawaban
1.3 Jenis tumbuhan untuk obat-obatan
    -kencur
    -jahe
    -kumis kucing
2.2 contoh hewan yang termasuk bahan pangan
   -kambing
   -sapi
   -ayam
3.3 bahan untuk membuat bangunan
   -semen
   -pasir
   -besi

4.Sumber daya alam adalah bahan dari alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi  
    kebutuhan manusia

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&   
&   
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

C.    Indicator
o   Mengidentifikasi hubungan antara sumber daya alam dengan penggunaan teknologi

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
o   Siswa dapat Memahami proses pembuatan
-       Kertas
-       Roti
-       Nasi
-       Bahan sandang.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
o   Proses pembuatan benda

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
F Memahami proses pembuatan kertas
Kayu gelondong ® kayu dipotong ® pulp ® mesin pembuat kertas
F Memahami proses pembuatan roti
Tepung terigu + air + ragi + gula pasir ® roti
F Memahami proses pembuatan nasi
Padi ® beras dimasak dengan air ® nasi
F Memahami proses pembuatan kertas bahan sandang
-       Buah kapas ® dipintal ® gulungan benang ®Kapas
-       Rambut domba ® dipintal ® gulungan benang ® wol
-       Ulat sutera ® sutera
F tumbuhan, hewan dan bahan alam tidak hidup.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan
-       Nasi dibuat dari biji padi yang dimasak dengan air
-       Bahan sandang dibuat dari kapas, wol, dan sutera

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Membuat produk baru bernilai ekonomis dari bahan-bahan buangan

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia dengan menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas.
Tugas Individu
dan kelompok


Uraian Objektif

o  Jelaskanlah hasil teknologi yang digunakan manusia dengan menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam
 waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

C.    Indicator
o   Mengamati akibat yang ditimbulkan dari pengambilan sumber daya alam yang teru menerus terhadap lingkungan

D.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
o   Siswa dapat Memahami dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian
o   Siswa dapat Memahami langkah pelestarian alam
o   Siswa dapat Memahami cara menghemat energi dan mengurangi pencemaran udara, tanah dan air

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
&                                                                                         Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Sumber Daya Alam
o   Dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian. (hlm.214)
o   Menghemat energi dan mengurangi pencemaran.

F.     Media Belajar
o   Buku SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih pekerjaan rumah
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang sumber daya alam
F Memahami dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian
     Tanah menjadi tidak subur
     Tanah terbuka tanpa tumbuhan lebih mudah terkena erosi
F Memahami langkah pelestarian alam
F Memahami cara menghemat energi dan mengurangi pencemaran udara, tanah dan air
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan uji kompetensi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Membuat kesimpulan bahwa pengambilan bahan alam harus disertai dengan pelestarian alam

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   Melakukan tugas


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o  Membiasakan diri untuk menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.
Tugas Individu

Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif

o  Sebutkanlah informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o  Jelaskanlah menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

Posting Komentar