RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
 waktu                          :   2 x 45 menit 
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
B.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
C.    Indicator Pencapaian 
o   Mengidentifikasi jenis makanan hewan
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menggolongkan jenis makan hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Berbagai Jenis, Makan Hewan 
- Makanan berupa tumbuhan
 - Makanan berupa hewan
 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan   makan F Siswa memahami bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan 
 F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan hewan 
 F Memberikan tugas untuk mengelompokan hewan yang memakan hewan   lain. & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mmberikan kesimpulan bahwa bahwa makanan hewan dapat berupa   tumbuhan dan hewan  |   (50 menit)  |  ||||
(5 menit)  |  |||||
 o     Mengerjakan latihan  |   
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.  |   Tugas Individu   dan Kelompok  |   Laporan dan   unjuk kerja Uraian Objektif  |   o  Jelaskan jenis makanan hewan.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua   salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   *   Pengetahuan *   kadang-kadang Pengetahuan * tidak   Pengetahuan * aktif  Praktek *   kadang-kadang aktif * tidak   aktif * Sikap * kadang-kadang   Sikap * tidak   Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek
A.    Standar Kompetensi       : 
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
B.     Kompetensi Dasar
3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
C.    Indicator 
o   Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Menggolongkan Hewan 
o   Herbivor
F.     Media Belajar
o   Gambar berbagai bagian tumbuhan (daun, batang, buah)
o   Gambar berbagai herbivora
o   Kertas gambar, lem dan alat tulis
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1  |   |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat  Memahami peta   konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan dedaunan 
 F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan biji-bijian 
 F Melakukan kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Menegaskan bahwa herbivor yang berbeda ada yang memakan jenis   makanan yang sama  |   (50 menit)  |  ||||
(5 menit)  |  |||||
 o     -  |   |||||
Pertemuan ke 2  |  |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat  Memahami peta   konsep tentang bagian tumbuhan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor berkaki empat, keluarga   burung F Mampu menyebutkan hewan karnivor berkaki empat : 
 F Mampu menyebutkan hewan karnivor keluarga burung (Elang, Gagak,   burung hantu) F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor yang mengeluarkan racun   (ular) F Memahami hewan yang memakan jenisnya sendiri (biasa disebut   kanibal) & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Menegaskan bahwa ada hewan yang memakan jenisnya sendiri  |   (50 menit)  |  ||||
(5 menit)  |  |||||
 o     Mengerjakan latihan  |   |||||
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan   (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).  |   Tugas Individu   dan Kelompok  |   Laporan Uraian   Objektif  |   o  Jelaskanlah  hewan-hewan   yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan   pemakan segala (omnivora).  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
C.    Indicator
o   Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o   Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o   Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan. 
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menjelaskan daur hidup hewan.
-       Daur Hidup Ayam
-       Daur Hidup Kucing
-       Daur Hidup Kanguru
-       Daur Hidup Kupu-Kupu
-       Daur Hidup Nyamuk
-       Daur Hidup Lalat 
-       Daur Hidup Kecoa
-       Daur Hidup Katak 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                                                                          
E.     Materi Essensial
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o   Daur Hidup Ayam 
o   Daur Hidup Kucing
o   Daur Hidup Kanguru
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1  |  |
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator   Pencapaian Kompetensi  dan kompetensi   yang diharapkan  |   (5 menit)  |  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat  Memahami peta   konsep tentang daur hidup hewan F Memahami peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama   hidupnya. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mampu menjelaskan daur hidup Ayam F Mampu menjelaskan daur hidup Kucing F Mampu menjelaskan daur hidup Kanguru & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang penjelasan peristiwa perubahan yang dialami makhluk   hidup selama hidupnya sebagai daur hidup  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Mengerjakan soal latihan  |   |
Pertemuan ke 2  |   |
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya o     Memahami kembali peta konsep   tentang daur hidup hewan  |   (5 menit)  |  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat  Menjelaskan   daur hidup Kupu-Kupu  Telur → ulat →   kepompong → kupu-kupu F Menjelaskan daur hidup Nyamuk  Telur →   jentik-jentik → pupa → Nyamuk F Menjelaskan daur hidup Lalat Telur → belatung   → pupa → lalat & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami perubahan bentuk tubuh hewan  -     Metamorfosis sempurna   (lengkap) -     Metamorfosis tidak sempurna   (tidak lengkap) & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali perubahan bentuk metamorfosis lengkap dan tdak   lengkap.  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Tugas   |   |
Pertemuan ke 3  |   |
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Memahami kembali peta konsep   tentang daur hidup hewan  |   (5 menit)  |  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan daur hidup kecoa  Telur → kecoak muda → kecoak F Menjelaskan daur hidup Katak Telur → kecebong → katak muda → katak dewasa F melibatkan peserta didik mencari informasi yang   luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan   menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka   sumber; F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,   media pembelajaran, dan sumber belajar lain; F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta   didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar   lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Siswa menceritakan kembali daur hidup kupu-kupu,   nyamuk, Lalat, kecoak dan katak F Menyimpulkan bahwa   berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian   tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara   lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,   menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran   kooperatif dan kolaboratif; F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara   sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan   eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual   maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan   hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,   turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan   dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan   peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi   dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi   untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh   pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator   dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan   menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø  membantu menyelesaikan masalah; Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan   pengecekan hasil eksplorasi; Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih   jauh; Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang   kurang atau belum berpartisipasi aktif.  
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan   kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan daur hidup hewan yang telah   dipelajari  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Menyelesaikan latihan  |   |
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana. o  Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan   berubah bentuk dengan cara yang sama. o  Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya   pertumbuhan.   |   Tugas Individu   dan Kelompok  |   Laporan dan   unjuk kerja Uraian Objektif  |   o  Jelaskanlah  urutan daur   hidup beberapa hewan secara sederhana. o  Simpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah   bentuk dengan cara yang sama. o  Simpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya   pertumbuhan.   |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua   salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   *   Pengetahuan *   kadang-kadang Pengetahuan * tidak   Pengetahuan * aktif  Praktek *   kadang-kadang aktif * tidak   aktif * Sikap *   kadang-kadang Sikap * tidak   Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
waktu                           :   2 x 45 menit 
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B.     Kompetensi Dasar
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
C.    Indicator 
o   Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan 
o   Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Memelihara Hewan Peliharaan 
o   Memberi makan yang sehat
o   Menjaga kebersihan tubuh hewan
o   Membuat kandang hewan
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  
 &  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Dapat memperhatikan hal-hal yang merugikan jika hewan peliharaan   sakit. F Menjelaskan cara memelihara hewan yang benar seperti :  -  Memberi makan yang sehat -  Menjaga kebersihan tubuh hewan -  Membuat kandang hewan F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta   didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar   lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam   setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan   di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mengetahui penyakit yang   dapat menyerang hewan peliharaan : -  Flu burung terjangkit pada jenis unggas -  Antraks menyerang kambing domba dan sapi F Mengetahui penyakit hewan yang dapat menular   pada manusia F Mengetahui cara merawat   ikan, kucing dan ayam  F Mengerjakan Uji   Kompetensi  & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan   dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan   peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi   dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi   untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh   pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator   dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan   menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø  membantu menyelesaikan masalah; Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan   pengecekan hasil eksplorasi; Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih   jauh; Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang   kurang atau belum berpartisipasi aktif.  
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang penjelasan   tentang pentingnya merawat hewan peliharaan.  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Menyelesaikan latihan  |   
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan  o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.  |   Tugas Individu   dan Kelompok  |   Laporan Uraian   Objektif  |   o  Jelaskanlah cara merawat dan memelihara hewan peliharaan  o  Demonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya 
B.     Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
C.    Indicator 
o    Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o    Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o    Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana
D.    Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme
 - Siswa dapat Mampu mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut
 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian         
E.     Materi Essensial
Hubungan antar makhluk hidup
o   Simbiosis mutualisme 
o   Simbiosis komensalisme
o   Simbiosis parasitisme 
Rantai makanan
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1  |  |
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang hubungan makhluk   hidup. F Memahami hubungan antamakhluk hidup. F Mendeskripsikan hubungan   erat dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama: -      Simbiosis mutualisme -      Simbiosis komensalisme -      Simbiosis parasitisme & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memberikan contoh simbiosis mutualisme. F Memberikan contoh simbiosis mutualisme. F Memberikan contoh simbiosis mutualisme. F Mampu mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup. & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali   tentang hubungan yang erat antara dua jenis makhluk hidup.  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Mengumpulkan atau mencari   rantai makanan pada ekosistem lain  |   |
Pertemuan ke 2  |  |
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Memahami kembali peta konsep   tentang hubungan makhluk hidup.  |   (5 menit)  |  
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mengulang kembali cara kerja hidung. F Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup   yang dapat berdiri sendiri F Mampu mendeskripsikan   pengertian produsen dan konsumen & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami rantai makanan   pada suatu ekosistem, misalnya pada ekosistem sawah.                         PADI → TIKUS → ULAR Tikus dan ular   tidak dapat membuat makannya sendiri. F Melakukan tugas & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan   kepada siswa untuk menyimpulkan bahawa rantai makanan tersusun dari produsen   dan konsumen  |   (50 menit)  |  
(5 menit)  |  |
 o     Mengumpulkan atau mencari   rantai makanan pada ekosistem lain.  |   |
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan  o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.  |   Tugas Individu   dan Kelompok  |   Laporan Uraian   Objektif  |   o  Jelaskanlah cara merawat dan memelihara hewan peliharaan  o  Demonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   *   semua benar *   sebagian besar benar * sebagian   kecil benar * semua salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya 
B.     Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
C.    Indicator 
- Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
 - Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.
 
D.     Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
 - Siswa dapat Mengamati anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan
 - Siswa dapat Mengamati dan memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.
 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
- Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
 - Ekosistem hutan
 - Ekosistem sawah
 - Ekosistem kolam hias
 - Ekosistem kebun
 
§  Pengaruh perubahan lingkungan
- Pencemaran
 - Penebangan dan kebakaran hutan
 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1  |   |||||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Memahami kembali peta konsep   tentang hubungan makhluk hidup.  |   (5 menit)  |  ||||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami hubungan makhluk hidup dan   lingkungannya. F Mengetahui ekosistem   sebagai tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk   hidup dan lingkungannya. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Membedakan ekosistem buatan dengan ekosistem alam 
 F Mengetahui bahwa makhluk hidup yang berhubungan   dengan mahkluk hidup lain membentuk komunitas. F Mempelajari ekosistem Hutan  F Melakukan tugas 5.1 (hlm.87) F Mempelajari ekosistem   Sawah & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali   tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya   seperti tumbuhan, hewan dan benda   |   (50 menit)  |  ||||||
(5 menit)  |  |||||||
 o     Mengerjakan latihan  |   |||||||
Pertemuan ke-2  |   |||||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menagih tugas 5.2 o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya.  |   (5 menit)  |  ||||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami kembali peta   konsep tentang hubungan makhluk hidup. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menahami ekosistem kolam F Menahami ekosistem kebun  & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali   tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya   seperti tumbuhan, hewan dan benda   |   (50 menit)  |  ||||||
(5 menit)  |  |||||||
 o     Mengerjakan latihan  |   |||||||
Pertemuan ke-3  |   |||||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan sebelumnya. o     Memahami kembali peta konsep   tentang hubungan makhluk hidup.  |   (5 menit)  |  ||||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: o     Mendeskripsikan hal yang   menyebabkan lingkungan berubah ; -         Pencemaran -         Penebangan dan kebakaran   hutan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami bahwa rantai   makanan tidak akan terputus selama semua mata rantai tersedia 
 F Jika tidak ada padi, tikus akan kelaparan dan mati. Jika tidak ada   tikus maka ualr sawah juga akan kelaparan. F Memahami bahwa setiap   perubahan lingkungan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan. & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: o     Memberikan kesimpulan bahwa   pencemaran penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.  |   (50 menit)  |  ||||||
(5 menit)  |  |||||||
 o     Menyelesaikan latihan  |   
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan   tumbuhan di lingkungan sekitar. o  Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah,   misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan   pohon.  |   Tugas Individu dan Kelompok  |   Laporan Uraian Objektif  |   o  Jelaskan  bentuk-bentuk   saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar. o  Jelaskan  kemungkinan yang   akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di   sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Benda
waktu                           :   8 x 45 menit  (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek
A.    Standar Kompetensi       :
 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
C.    Indicator 
- Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
 - Mendeskripsikan      benda dapat melarutkan benda lain
 
D.    Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat kesimpulan tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan
 - Siswa dapat Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain
 
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, 
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Benda
§  Sifat berbagai wujud benda
o   Sifat benda padat 
o   Sifat benda cair 
o   Sifat benda gas 
§  Benda dapat melarutkan benda lain 
F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Pensil, penghapus pensil, plastisin, kotak pensil dan rautan
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1  |  |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang benda padat F Memahami sifat benda padat dan memberikan contoh   benda padat. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan  F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk   benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya. F Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa bentuk   benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan 
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesimpulan   dari kegiatan bahwa sifat benda padat : -         Benda padat tidak dipengaruhi   bentuk wadahnya -         Benda padat dapat diubah   dengan perlakuan tertentu  |   (50 menit)  |  ||||
(5 menit)  |  |||||
 –  |   |||||
Pertemuan ke-2  |  |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang benda cair F Memahami sifat benda   cari dan memberikan contoh benda cair. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan  F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk   benda cair tidak tetap, selalu mngikuti bentuk wadahnya. F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk   permukaan benda cair yang tenang selalu datar. F Menarik kesimpulan dari kegiatan , benda cair   mengalir ke tempat rendah. F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa benda   cair menekan ke segala arah F Memahami benda cair   dapat meresap melalui celah-celah yang kecil. & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan  |   (50 menit)  |  ||||
       Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesimpulan   dari kegiatan bahwa sifat benda cair : -         Selalu mengikuti bentuk   wadahnya -         Permukaan benda cair yang   tenag selalau datar -         Mengalis ke tempat yang lebih   rendah -         Menekan kesegalah arah -         Meresap melalui celah-celah   kecil  |   (5 menit)  |  ||||
 o        |   |||||
Pertemuan ke-3  |   |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Memahami kembali peta konsep   tentang benda gas  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang benda gas. F Memahami sifat benda gas   dan memberikan contoh benda gas. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan . F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa gas   dapat mengisi seluruh ruang F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk   benda gas tidak tetap dan menekan ke segalah arah & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan  |   (50 menit)  |  ||||
 o     Memberikan kesimpulan dari   kegiatan bahwa sifat benda gas : -         Bentuk benda gas tidak tetap   dan mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya -         Benda gas menekan ke segala   arah  |   (5 menit)  |  ||||
 o     Menyelesaikan tugas  |   |||||
Pertemuan ke-4  |   |||||
  Apersepsi  dan Motivasi : o     Mengulang materi pertemuan   sebelumnya. o     Menyampaikan Indikator dan   kompetensi yang diharapkan o     Memahami kembali peta konsep   tentang benda  |   (5 menit)  |  ||||
 & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat kesimpulan   tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan  & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan  F Menarik kesimpulan dari kegiatan. ada beberapa   benda padat yang dapat dilarutkan dalam benda cair. F Menyebutkan benda padat   yang dapat larut dalam benda cair : 
 F Menyebutkan benda padat   yang tidak dapat larut dalam benda cair : 
 & Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum   diketahui siswa  F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan   kesalahan pemahaman, memberikan penguatan    dan penyimpulan  |   (50 menit)  |  ||||
 o     Memberikan kesempatan siswa   untuk menyimpulkan bahwa benda padat ada yang dapat larut dalam benda cair.  |   (5 menit)  |  ||||
 o     Mengerjakan tugas  |   |||||
H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi  |   Teknik Penilaian  |   Bentuk Instrumen  |   Instrumen/ Soal  |  
o  Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas. o  Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain  |   Tugas Individu dan Kelompok  |   Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif  |   o  Jelaskanlah  bukti tentang   sifat benda padat, cair dan gas. o  Jelaskanlah  benda dapat   melarutkan benda lain  |  
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1.  |   Konsep  |   *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah  |   4 3 2 1  |  
&  Performansi 
No.  |   Aspek  |   Kriteria  |   Skor  |  
1. 2. 3.  |   Pengetahuan  Praktek Sikap  |   * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif  Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap  |   4 2 1 4 2 1 4 2 1  |  
&   LEMBAR PENILAIAN
No  |   Nama Siswa  |   Performan  |   Produk  |   Jumlah Skor  |   Nilai  |  ||
Pengetahuan  |   Praktek  |   Sikap  |  |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.  |   |||||||
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
Bersambung Ke RPP IPA Kelas IV SD (2)
Posting Komentar