RPP IPA Kelas IV SD (1)



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
 waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

C.    Indicator Pencapaian
o   Mengidentifikasi jenis makanan hewan
D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menggolongkan jenis makan hewan

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Berbagai Jenis, Makan Hewan
  • Makanan berupa tumbuhan
  • Makanan berupa hewan

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan
F Siswa memahami bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan
-       Ulat
-       Kupu-pupu
-       Belalang
-       Burung
-       Ayam
-        
F Mampu menyebutkan hewan-hewan yang memakan hewan
-       Laba-laba
-       Cecak
-       Nyamuk
-       Tikus
-       Ular
-        
F Memberikan tugas untuk mengelompokan hewan yang memakan hewan lain.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mmberikan kesimpulan bahwa bahwa makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan


(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.


Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskan jenis makanan hewan.




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Menggolongkan Hewan
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

B.     Kompetensi Dasar
3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

C.    Indicator
o   Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
Menggolongkan Hewan
o   Herbivor

F.     Media Belajar
o   Gambar berbagai bagian tumbuhan (daun, batang, buah)
o   Gambar berbagai herbivora
o   Kertas gambar, lem dan alat tulis

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang penggolongan hewan berdasarkan makan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan dedaunan
-       Kelinci
-       Kambing
-       Kijang sapi
-       Kerbau
-       Gajah
-       Kuda
-       Jerapah
-        
F Mampu menyebutkan hewan herbivor pemakan biji-bijian
-       Burung pipit
-       Kakaktua
-       Merpati
-        
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan bahwa herbivor yang berbeda ada yang memakan jenis makanan yang sama


(50 menit)





















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -


Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor berkaki empat, keluarga burung
F Mampu menyebutkan hewan karnivor berkaki empat :
-       Kucing
-       Anjing
-       Harimau
-       Singa
-       Kucing hutan
-        
F Mampu menyebutkan hewan karnivor keluarga burung (Elang, Gagak, burung hantu)
F Mampu menyebutkan ciri-ciri hewan karnivor yang mengeluarkan racun (ular)
F Memahami hewan yang memakan jenisnya sendiri (biasa disebut kanibal)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menegaskan bahwa ada hewan yang memakan jenisnya sendiri

(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.

C.    Indicator
o   Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o   Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o   Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menjelaskan daur hidup hewan.
-       Daur Hidup Ayam
-       Daur Hidup Kucing
-       Daur Hidup Kanguru
-       Daur Hidup Kupu-Kupu
-       Daur Hidup Nyamuk
-       Daur Hidup Lalat
-       Daur Hidup Kecoa
-       Daur Hidup Katak

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                                                                         
E.     Materi Essensial
Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o   Daur Hidup Ayam
o   Daur Hidup Kucing
o   Daur Hidup Kanguru

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV


G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Memahami peta konsep tentang daur hidup hewan
F Memahami peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mampu menjelaskan daur hidup Ayam
F Mampu menjelaskan daur hidup Kucing
F Mampu menjelaskan daur hidup Kanguru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang penjelasan peristiwa perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya sebagai daur hidup

(50 menit)
















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan soal latihan


Pertemuan ke 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Memahami kembali peta konsep tentang daur hidup hewan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  Menjelaskan daur hidup Kupu-Kupu
Telur → ulat → kepompong → kupu-kupu
F Menjelaskan daur hidup Nyamuk
Telur → jentik-jentik → pupa → Nyamuk
F Menjelaskan daur hidup Lalat
Telur → belatung → pupa → lalat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami perubahan bentuk tubuh hewan
-   Metamorfosis sempurna (lengkap)
-   Metamorfosis tidak sempurna (tidak lengkap)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali perubahan bentuk metamorfosis lengkap dan tdak lengkap.


(50 menit)


















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas


Pertemuan ke 3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang daur hidup hewan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan daur hidup kecoa
Telur → kecoak muda → kecoak
F Menjelaskan daur hidup Katak
Telur → kecebong → katak muda → katak dewasa
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali daur hidup kupu-kupu, nyamuk, Lalat, kecoak dan katak
F Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan daur hidup hewan yang telah dipelajari

(50 menit)






























































(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menyelesaikan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o  Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o  Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.
Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah  urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o  Simpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o  Simpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Daur Hidup Hewan
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan

C.    Indicator
o   Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o   Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Memelihara Hewan Peliharaan
o   Memberi makan yang sehat
o   Menjaga kebersihan tubuh hewan
o   Membuat kandang hewan

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dapat memperhatikan hal-hal yang merugikan jika hewan peliharaan sakit.
F Menjelaskan cara memelihara hewan yang benar seperti :
-  Memberi makan yang sehat
-  Menjaga kebersihan tubuh hewan
-  Membuat kandang hewan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengetahui penyakit yang dapat menyerang hewan peliharaan :
-  Flu burung terjangkit pada jenis unggas
-  Antraks menyerang kambing domba dan sapi
F Mengetahui penyakit hewan yang dapat menular pada manusia
F Mengetahui cara merawat ikan, kucing dan ayam
F Mengerjakan Uji Kompetensi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang penjelasan tentang pentingnya merawat hewan peliharaan.


(50 menit)













































(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menyelesaikan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Demonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

B.     Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)

C.    Indicator
o    Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o    Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o    Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme
  • Siswa dapat Mampu mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian        
E.     Materi Essensial
Hubungan antar makhluk hidup
o   Simbiosis mutualisme
o   Simbiosis komensalisme
o   Simbiosis parasitisme
Rantai makanan


F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.
F Memahami hubungan antamakhluk hidup.
F Mendeskripsikan hubungan erat dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama:
-    Simbiosis mutualisme
-    Simbiosis komensalisme
-    Simbiosis parasitisme
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.
F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.
F Memberikan contoh simbiosis mutualisme.
F Mampu mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali tentang hubungan yang erat antara dua jenis makhluk hidup.


(50 menit)






















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem lain

Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja hidung.
F Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup yang dapat berdiri sendiri
F Mampu mendeskripsikan pengertian produsen dan konsumen
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami rantai makanan pada suatu ekosistem, misalnya pada ekosistem sawah.
                        PADI → TIKUS → ULAR
Tikus dan ular tidak dapat membuat makannya sendiri.
F Melakukan tugas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan bahawa rantai makanan tersusun dari produsen dan konsumen


(50 menit)



















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem lain.



H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Demonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

C.    Indicator
  • Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
  • Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.

D.     Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
  • Siswa dapat Mengamati anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan
  • Siswa dapat Mengamati dan memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
  • Ekosistem hutan
  • Ekosistem sawah
  • Ekosistem kolam hias
  • Ekosistem kebun
§  Pengaruh perubahan lingkungan
  • Pencemaran
  • Penebangan dan kebakaran hutan

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami hubungan makhluk hidup dan lingkungannya.
F Mengetahui ekosistem sebagai tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan ekosistem buatan dengan ekosistem alam
ekosistem alam     
:
hutan, sungai laut, danau, padang pasir, kutub
ekosistem buatan 
:
Sawah, ladang, kebun, kolam, aquarium

F Mengetahui bahwa makhluk hidup yang berhubungan dengan mahkluk hidup lain membentuk komunitas.
F Mempelajari ekosistem Hutan
F Melakukan tugas 5.1 (hlm.87)
F Mempelajari ekosistem Sawah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya seperti tumbuhan, hewan dan benda


(50 menit)
























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 5.2
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menahami ekosistem kolam
F Menahami ekosistem kebun
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali tentang ekosistem hutan dengan menyebutkan anggota-anggota ekosistemnya seperti tumbuhan, hewan dan benda

(50 menit)
















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Mendeskripsikan hal yang menyebabkan lingkungan berubah ;
-       Pencemaran
-       Penebangan dan kebakaran hutan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami bahwa rantai makanan tidak akan terputus selama semua mata rantai tersedia

PADI → TIKUS → ULAR

 



F Jika tidak ada padi, tikus akan kelaparan dan mati. Jika tidak ada tikus maka ualr sawah juga akan kelaparan.
F Memahami bahwa setiap perubahan lingkungan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Memberikan kesimpulan bahwa pencemaran penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.


(50 menit)





















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menyelesaikan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
o  Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskan  bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.

o  Jelaskan  kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1




&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Benda
waktu                           :   8 x 45 menit  (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu

C.    Indicator
  • Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
  • Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat kesimpulan tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan
  • Siswa dapat Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E.     Materi Essensial
Benda
§  Sifat berbagai wujud benda
o   Sifat benda padat
o   Sifat benda cair
o   Sifat benda gas
§  Benda dapat melarutkan benda lain

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Pensil, penghapus pensil, plastisin, kotak pensil dan rautan



G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang benda padat
F Memahami sifat benda padat dan memberikan contoh benda padat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya.
F Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa bentuk benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa sifat benda padat :
-       Benda padat tidak dipengaruhi bentuk wadahnya
-       Benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu

(50 menit)


















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang benda cair
F Memahami sifat benda cari dan memberikan contoh benda cair.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk benda cair tidak tetap, selalu mngikuti bentuk wadahnya.
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
F Menarik kesimpulan dari kegiatan , benda cair mengalir ke tempat rendah.
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa benda cair menekan ke segala arah
F Memahami benda cair dapat meresap melalui celah-celah yang kecil.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa sifat benda cair :
-       Selalu mengikuti bentuk wadahnya
-       Permukaan benda cair yang tenag selalau datar
-       Mengalis ke tempat yang lebih rendah
-       Menekan kesegalah arah
-       Meresap melalui celah-celah kecil

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami kembali peta konsep tentang benda gas


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang benda gas.
F Memahami sifat benda gas dan memberikan contoh benda gas.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan .
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa gas dapat mengisi seluruh ruang
F Menarik kesimpulan dari kegiatan, bahwa bentuk benda gas tidak tetap dan menekan ke segalah arah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa sifat benda gas :
-       Bentuk benda gas tidak tetap dan mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya
-       Benda gas menekan ke segala arah

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menyelesaikan tugas

Pertemuan ke-4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami kembali peta konsep tentang benda


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat kesimpulan tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Menarik kesimpulan dari kegiatan. ada beberapa benda padat yang dapat dilarutkan dalam benda cair.
F Menyebutkan benda padat yang dapat larut dalam benda cair :
-   Gula pasir
-   Garam


F Menyebutkan benda padat yang tidak dapat larut dalam benda cair :
-   Pasir
-   Kelereng


& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan bahwa benda padat ada yang dapat larut dalam benda cair.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.

o  Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain
Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.

o  Jelaskanlah  benda dapat melarutkan benda lain
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


Posting Komentar