Bagian Tumbuhan yang Sering Dimanfaatkan Manusia - Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia. Kegunaan beberapa bagian tumbuhan akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Daun dan Buah

Daun dan buah dimanfaatkan manusia sebagai bahan makanan. Daun banyak digunakan sebagai sayur. Sementara buah dapat langsung dimakan. Buah kapas digunakan sebagai bahan tekstil. Daun dan buah juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat kosmetik. Misalnya, daun seledri, tomat, pepaya, dan alpukat.

2. Getah

Getah dari tumbuhan juga ada yang dimanfaatkan manusia, misalnya karet dan damar. Getah karet digunakan untuk membuat ban motor, sandal, dan peralatan lainnya.

Bagian Tumbuhan yang Sering Dimanfaatkan Manusia
3. Kayu

Kayu adalah bagian tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Manusia memanfaatkan kayu sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Jenis kayu yang banyak dimanfaatkan manusia adalah kayu jati, cendana, dan mahoni. Kayu jati sangat mahal harganya.

Untuk memperoleh banyak keuntungan, manusia menebang kayu jati secara liar. Padahal untuk menanam kayu pohon jati dibutuhkan waktu yang cukup lama. Kayu cendana memiliki bau yang harum dan khas. Kayu cendana biasanya digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti patung. Kayu cendana juga dibuat menjadi minyak. Pemanfaatan bagian tumbuhan seperti bunga dan buah memang tidak merusak kelestarian alam. Hal ini karena tumbuhannya masih ada. Berbeda dengan pemanfaatan kayu yang dapat merusak kelestarian alam. Kayu diperoleh dengan cara menebang pohon.

Manusia juga memanfaatkan makhluk hidup di laut seperti terumbu karang dan ganggang. Pengambilan tumbuhan laut secara berlebihan akan dapat merusak ekosistem laut. Terumbu karang digunakan hewan-hewan laut sebagai tempat tinggal. Contohnya, udang, kepiting, dan hewan-hewan laut lainnya.

Jika terumbu karang tidak ada maka hewan laut akan kehilangan tempat tinggalnya. Tentu saja hal ini dapat memusnahkan kehidupan hewan laut. Ada manusia yang menggunakan bahan peledak untuk mengambil hasil laut. Hal ini dapat menghancurkan terumbu karang.

Posting Komentar