Penjelasan Besaran dan Satuan - Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar percakapan-percakapan atau ungkapan sebagai berikut:

1. Tinggi badan 160 sentimeter.
2. Umur Tono 17 tahun.
3. Jarak dari rumah ke sekolah aku tempuh dalam
waktu 10 menit.
4. Anak kecil tidur minimal 8 jam setiap hari.
5. Tanah yang ditawarkan luasnya 400 meter persegi.
6. Pembalap mengendarai mobilnya dengan kecepatan 200 kilometer per jam.
7. Harga sebuah buku Rp5.000,00.
8. Jarak Yogyakarta - Magelang adalah 40 km.
9. Air di dalam ember volumenya 3 liter.
10. Lampu bolam mempunyai daya 40 watt.

Dari setiap pernyataan di atas, apabila kalian perhatikan menyebutkan tiga data.
Misalnya:

Besaran dan SatuanTinggi badan 160 sentimeter, yang disebutkan adalah:
a) tinggi
b) 160
c) sentimeter

Apabila salah satu data tidak disebutkan maka menjadi tidak berarti.
Tahukah kalian data apakah dari masing-masing di atas (tinggi, 160 dan centimeter)?
Manakah yang merupakan besaran, nilai besaran dan satuan?

Penggunaan besaran dan satuan sudah setiap hari kita pakai baik dengan sadar maupun tidak. Artinya kita sering menggunakan sesuatu dengan mengetahui apa yang kita kerjakan atau kita melakukan sesuatu tanpa mengetahui yang kita lakukan.

Di dalam sains atau ilmu pengetahuan alam (khususnya fisika) besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Perbedaan yang paling menyolok dari kedua besaran tersebut adalah satuan dari besaran pokok tidak dapat diurai menjadi satuan besaran yang lainnya (merupakan satuan tersendiri). Sedangkan besaran turunan walaupun disebut tunggal tetapi satuannya dapat ditulis menggunakan satuan besaran pokok.

Misalnya:

1. Besaran panjang mempunyai satuan meter (m). Besaran tersebut tidak dapat ditulis dengan besaran yang lain sehingga disebut dengan besaran pokok.

2. Besaran luas mempunyai satuan meter persegi (m²), adalah besaran yang terdiri dari panjang dengan satuan m dan lebar (panjang) satuan m. karena bukan merupakan satuan tunggal disebut dengan besaran turunan.

3. Besaran kecepatan mempunyai satuan meter per sekon (m/s), yang terdiri dari besaran panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan sekon. Maka kecepatan termasuk besaran turunan.

4. Besaran gaya mempunyai satuan newton (N), walaupun merupakan besaran tunggal tetapi terdiri dari besaran massa dengan satuan kg, panjang satuan meter dan besaran waktu dengan satuan sekon, N = kg.m/s². Maka gaya termasuk besaran turunan.

Itulah Penjelasan Besaran dan Satuan, selamat belajar.

Posting Komentar