Bentuk Muka Bumi Indonesia - Secara geologis, bentuk muka bumi Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, dan Indonesia Bagian Timur. Bagaimana keadaan alamnya, mari simak uraian berikut ini :

a. Indonesia Bagian Barat

Indonesia Barat termasuk Dangkalan Sunda, terdiri dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau di sekitarnya, serta daerah landas kontinen Asia. Secara geologis, bagaimana masing-masing pulau di Indonesia Barat ?

Ciri khas Pulau Sumatra adalah bagian tengah merupakan deretan pegunungan (Bukit Barisan), bagian barat adalah dataran sempit dan bagian timur dengan dataran rendah (aluvial). Bukit Barisan merupakan deretan gunung aktif, terdapat lembah patahan dan danau.

Bentuk Muka Bumi Indonesia
Ciri khas Pulau Jawa adalah pada bagian tengah dan selatan terdapat daerah pegunungan muda. Di antara pegunungan terdapat dataran tinggi.

Ciri khas Pulau Kalimantan adalah bagian tengah merupakan deretan pegunungan tua dan dataran, terletak di daerah pantai berupa rawa-rawa.

b. Indonesia Bagian Tengah

Nusa Tenggara terdiri dari Pulau Bali, Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Roti, Timor, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Ciri khas Nusa Tenggara adalah pulau-pulau relatif kecil dan merupakan lanjutan Pegunungan Muda Mediterania.

Bentuk Pulau Sulawesi merupakan empat semenanjung, yang ditempati deretan pegunungan tinggi dan bertemu di Sulawesi Tengah. Deretan pegunungan merupakan kelanjutan dari Sirkum Pasifik.

Ciri khas Maluku terdiri dari pulau-pulau kecil yang dipisahkan oleh laut dalam, misalnya Kepulauan Halmahera, Sula, Buru, Seram, dan Kai. Maluku merupakan tempat pertemuan dua deretan pegunungan muda dunia hingga semua gunung di Maluku merupakan gunung api aktif. Wilayah dataran merupakan dataran sempit yang terdapat di pantai, sedangkan di bagian dalam/tengah merupakan daerah pegunungan aktif.

Bagian tengah Indonesia merupakan laut dalam dan terdapat banyak palung dan basin. Wilayah ini merupakan laut pemisah antara Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Pada daerah ini terdapat binatang yang hanya ada di bagian tengah, seperti Biawak dan Komodo.

Palung dan basin di laut sekitar Maluku disebut Kelompok Basin Maluku (yang terdapat lima basin) dan Kelompok Basin Banda (yang terdapat sebelas basin).

c. Indonesia Bagian Timur

Indonesia timur merupakan dataran dengan deretan pegunungan dan laut dangkal, disebut Paparan Sahul. Wilayahnya terdiri dari Pulau Irian (Papua), Kepulauan Aru, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Ciri khas dari Papua ialah pada bagian tengah terdapat deretan pegunungan dengan ketinggian yang sudah melampaui batas salju sehingga di daerah itu terdapat salju abadi.

Posting Komentar