RPP IPA Kelas IV SD (2)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Benda
waktu                           :    2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

B.     Kompetensi Dasar
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat®gas.

C.    Indicator
  • Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
  • Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
  • Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda dan memberikan contoh perubahan wujud benda.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Perubahan wujud benda
o   Padat → cair
o   Cair → padat
o   Cair → gas
o   Gas → cair
o   Padat → gas


F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Kantong plastik, rantang, panci besar, air, garam dapur, bongkahan es

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang benda padat
F Memahami dari kegiatan bahwa perubahan bentuk benda dapat kembali ke wujud semulanya.
F Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda cair
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan dan menarik kesimpulan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat melalui kegiatan
F Memahami perubahan wujud benda cair menjadi benda gas dan memberikan contohnya
F Memahami perubahan wujud benda gas menjadi benda cair dan memberikan contohnya
F Memahami perubahan wujud benda padat menjadi benda gasr dan memberikan contohnya
F Dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda tersebut.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa benda padat dapat mengalami perubahan wujud


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Melaksanakan latihan

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
o  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya
Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskan perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
o  Jelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Benda
waktu                           :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

B.     Kompetensi Dasar
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya

C.    Indicator
o   Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o   Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o   Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa penggunaan bahan yang sesuai dengan sifat bahan itu akan bermanfaat
o   Siswa dapat Menarik kesimpulan bahwa perpaduan berbagai bahan dapat menghasilkan benda yang sangat berguna.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
  Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
o   Sifat bahan dan kegunaanya.
o   Benda di buat dari berbagai bahan

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Plastik, handuk kecil, sendok logam, air, lilin, korek, berbagai jenis kertas, tiang, benang, klip kertas

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang hubungan sifat bahan dan kegunaannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan dan menarik kesimpulan bahwa semua bahan bermanfaat jika digunakan sesuai dengan sifat bahan itu
F Memahami kegunaan bahan yang tidak tembus air, dan memberikan contohnya :
-   Payung
-   Jas hujan
-   Ember
-   Piring
-   gelas
F Melakukan kegiatan
F Memahami kegunaan bahan yang menyerap air dan memberikan contohnya:
-   Pakaian
-   Lap (alat pembersih)
-   Handuk

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa sifat bahan yang tidak tembus air dan yang menyerap air bermanfaat jika digunakan sesuai dengan sifat bahan itu.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Melaksanakan tugas

Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang hubungan sifat bahan dan kegunaannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami kegunaan bahan yang tahan api dan memberikan contohnya :
-   Panci
-   Penggorengan
-   Kompor
-   Pakaian
-   pemadam kebakaran
-   Brankas
F Memahami kegunaan bahan yang lembut dan lentur dan memberikan contohnya :
-   Baju
-   Celana
-   Jaket
-   Sepatu
-   Sofa
-   Kasur
o   Memahami kegunaan bahan yang kuat dan keras dan memberikan contohnya :
-   Besi
-   Kayu
-   Batu
-   Semen
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa sifat bahan yang tahan Api, lembut dan lentur, serta kuat dan keras bermanfaat jika digunakan sesuai dengan sifat bahan itu

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami kembali peta konsep tentang benda gas


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang hubungan sifat bahan dan kegunaannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memahami kegunaan bahan yang keras dan lentur dan memberikan contohnya :
-   Ban motor
-   Ban mobil
-   Per pada kasur
-    
F Memahami kegunaan bahan yang tembus pandang dan memberikan contohnya :
-   Kaca rumah
-   Kaca mobil
-   Gelas
-    
F Memahami bahawa benda dibuat dari beberapa bahan, seperti :
-   sepatu olah raga
-   rumah dan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahawa perpaduan berbagai bahan dapat menghasilkan benda yang sangat berguna

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Melaksanakan tugas







H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o  Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o  Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o  Bandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o  Sebutkan berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan          : SD/MI
Kelas/Semester                : IV / 2

Nama Guru                     : ...........................
NIP/NIK                          : ...........................
                  Sekolah                             : SD N 05 Maninjau




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Gaya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
7. Memahami gayadapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya(dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

C.    Indicator
o   Membuat daftar berbagai gerak benda.
o   Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o   Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-   diam
-   begerak makin cepat
-   berubah arah

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian


E.     Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Gerak
  • Gaya mempengaruhi benda.

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
-   Kuda menarik delman
-   Menutup pintu
-   Menendang bola
-   Menarik tali bendera saat upacara
-   Tukang baso mendorong gerobak
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas

 Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
F Siswa dapat Memahami bahwa gaya yang diberikan pada benda memberikan hasil yang bermacam-macam :
-       Diam
-       Berubah arahnya
-       Bertambah kencang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda bergerak menjadi diam, bergerak makin cepat dan berubah arah.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Membuat daftar berbagai gerak benda.
o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

Tugas Individu
dan kelompok



Laporan

Uraian Objektif



o  Buatkanlah  daftar berbagai gerak benda.
o  Jelaskanlah cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Jelaskanlah faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1




&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Gaya
waktu                           :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
7. Memahami gayadapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

B.     Kompetensi Dasar
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya(dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda

C.    Indicator
  • Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda
  • Siswa dapat Memberikan beberapa contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian

E.     Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memberikan contoh gaya yang mempengaruhi bentuk benda;
-   Kaleng di pukul dengan palu
-   Telur yang diketuk ke tembok
-   Piring yang dibanting
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menjawab Uji Kompetensi
F Menjawab Latihan soal
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.

Tugas Individu dan
Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah  contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1




&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Energi dan Penggunaannya
waktu                           :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

C.    Indicator
o   Menemukan energy panas yang ada di lingkungan sekitar
o   Menunjukkan bukti pemantulan bunyi
o   Menunjukkan bukti penyerapan bunyi melalui benda yang dapat menyerap bunyi

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Menyebutkan contoh energi panas
-    Lilin yang menyala menghasilkan panas
-    Gesekan antara dua benda dapat menghasilkan panas.
-    Dua telapak tangan yang digesekan menghasilkan panas
o   Siswa dapat Memahami pemantulan bunyi
-    Bunyi pantul
-    Gaung atau Kerdam
-    Gema
  • Siswa dapat Memahami penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat menyerap bunyi.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Energi dan penggunaannya
o   Energi Panas
o   Energi Bunyi

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Batu, pengaris mika, mug, kantong plastik, kertas koran, handuk, air hangat, jam, karet gelang.


G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami peta konsep tentang Energi panas.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami istilah sumber energi panas.
F Menyebutkan contoh sumber energi panas
-   Lilin yang menyala menghasilkan panas
-   Gesekan antara dua benda dapat menghasilkan panas.
-   Dua telapak tangan yang digesekan menghasilkan panas
F Memahami matahari sebagai sumber energi panas yang sangat besar dan tidak akan habis serta fungsinya bagi kehidupan di Bumi.
F Memahami bahwa panas dapat berpindah
F Menyebutkan cara perpindahan panas untuk kebutuhan.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa;
-       Sumber energi panas terbesar adalah matahari
-       Panas dapat berpindah

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan Tugas


Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang energi Bunyi.
F Memahami dan memberikan contoh bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar:
F Memahami istilah frekuensi, amplitodo dan nada.
F Memahami bunyi audiosonik, infrasonik dan ultrasonik.
F Memahami bahwa bunyi dapat merambat melalui
-       benda gas,
-       benda cair
-       benda padat.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dihasilkan oleh getaran


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

Pertemuan ke-3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami bahwa kecepatan perambatan bunyi melalui berbagai jenis benda tidaklah sama.
F Memahami pemantulan bunyi
-       Bunyi pantul
-       Gaung atau Kerdam
-       Gema
F Memahami penyerapan bunyi dan memberikan contoh benda yang dapat menyerap bunyi
-       Karet
-       Karpet
-       Goni
-       Kertas
-       Kain
-       Busa
-       Spon
-       Wol
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dipantulkan dan diserap


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    

Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapk
o   an
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya mengenai kegiatan 8.4.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengetahui bahwa semua jenis alat musik akustik dimainkan dengan mengetarkan sumber bunyi, seperti :
-       Gitar
-       Biola
-       Piano
-       Suling
-       Terompet
-       Gendang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa bunyi dapat dihasil oleh alat musik


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan tugas


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas.
o  Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
o  Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o  Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o  Menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o  Menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan atau diserap.
Tugas Individu
dan kelompok


Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah sumber-sumber energi panas.
o  Jelaskanlah adanya perpindahan panas.
o  Buatkanlah daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o  Simpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o  Jelaskanlah bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o  Jelaskanlah bahwa bunyi dapat dipantulkan atau diserap.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ..........., ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Energi dan Penggunaannya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.

C.    Indicator
o   Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif.

D.    Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat Mampu menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa dapat Menyebutkan cara memanfaatkan energi matahari, angin, air, panas bumi serta mememberikan contohnya
o   Siswa dapat Menyebutkan keuntungan dan kerugian sumber energi dari bahan fosil
o   Siswa dapat Menyebutkan keuntungan dan kerugian sumber energi alternatif

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Energi dan penggunaannya
o   Energi Alternatif

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami peta konsep tentang Energi Alternatif


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencari informasi dari buku, koran mengenai sumber energi alternatif
-       Matahari
-       Angin
-       Air
-       Panas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi matahari
-       Energi matahari diubah menjadi energi listrik dengan alat sel surya
-       Digunakan langsung sebagai pemanas air di rumah dengan alat panel listrik
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi angin, dan memberikan contoh
-       Kapal layar
-       Kincir Angin
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi Air
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi Panas bumi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menyebutkan bahwa matahari, angin, air dan panas bumi merupakan sumber energi alternatif


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan

Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan keuntungan sumber energi dari bahan fosil
F Menyebutkan kerugian sumber energi dari bahan fosil
F Menyebutkan keuntungan sumber energi alternatif
F Menyebutkan kerugian sumber energi alternatif
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa keuntungan yang diperoleh dari penggunaan energi alternatif jauh lebih besar dibandingkan dengan kesulitan dalam pemanfaatannya


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan


H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif.
o  Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.

Tugas Individu
dan kelompok

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah  berbagai sumber energi alternatif.

o  Sebutkanlah  contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Energi dan Penggunaannya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut.

C.    Indicator
o    Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.

D.    Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menentukan karya/model yang akan dibuat
  • Siswa dapat Menentukan bahan atau alat yang akan digunakan.
  • Siswa dapat Membuat karya/model sesuai rancangan.
  • Siswa dapat Menguji karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya.
  • Siswa dapat Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan menjaga kebersihan.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
 Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
&                             
E.     Materi Essensial
Energi dan penggunaannya
o   Karya dengan Menerapkan Konsep Perubahan Energi Gerak.
  • Karya dengan Menerapkan Konsep Bunyi

F.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Botol plastik, sebatang sedotan, lem, plastisin, selotip, kertas karton
o   Kertas tulis, pensil, pengaris, gunting

G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami peta konsep tentang Karya denagn menerapkan konsep perubahan energi


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencari informasi dari buku, koran mengenai sumber energi alternatif
-       Matahari
-       Angin
-       Air
-       Panas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi matahari
-       Energi matahari diubah menjadi energi listrik dengan alat sel surya
-       Digunakan langsung sebagai pemanas air di rumah dengan alat panel listrik
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi angin, dan memberikan contoh
-       Kapal layar
-       Kincir Angin
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi Air
F Menyebutkan cara memanfaatkan energi Panas bumi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulanuat pesawat


(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan motivasi agar siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip kelelamatan, dan menjaga kebersihan


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Melajutkan membuat pesawat di rumah jika tidak selesai membuat di sekolah.


Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Membuat model baling-baling kertas yang memanfaatkan energi uap
F Membuat parasut
F Membuat terompet sederhana
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan motivasi agar siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip kelelamatan, dan menjaga kebersihan


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengerjakan latihan







H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menentukan karya/model yang akan dibuat
o  Menentukan bahan yang akan digunakan.
o  Membuat karya/model sesuai rancangan.
o  Menguji karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya.
o  Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan menjaga kebersihan.
Tugas Individu

Hasil Praktek
o  Tentukan karya/model yang akan dibuat
o  Tentukan bahan yang akan digunakan.
o  Buatkanlah karya/model sesuai rancangan.
o  Mengujikan karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya.
o  Jelaskanlah prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan menjaga kebersihan.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1



&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


Bersambung ke RPP IPA Kelas IV SD (3)

Posting Komentar