Peninggalan Sejarah Yang Bercorak Islam Di Indonesia - Agama Islam merupakan agama yang memiliki budaya sangat tinggi. Banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia di antaranya peninggalan berupa seni arsitektur bangunan Islam. Bangunan peninggalan yang paling berharga adalah arsitektur bangunan masjid seperti Masjid Agung Banten, Masjid Agung Cirebon, Menara Kudus, Masjid Baiturahman Aceh, Masjid Demak, dan sebagainya.

Selain seni arsitektur, agama Islam juga memiliki peninggalan berharga lainnya berupa seni kaligrafi yang Indah. Seni ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak awal pertumbuhan Islam. Peninggalan seni kaligrafi tampak pada arsitektur jendela masjid, batu nisan yang disebut jirat atau kijing seperti yang tertulis pada nisan makan Syeikh Maulana Malik Ibrahim di Gresik yang wafat pada 1419.

Peninggalan berharga lainnya adalah berupa hasil seni sastra. Seni sastra yang berkembang di wilayah Indonesia merupakan hasil akulturasi antara seni sastra Arab dan India serta kebudayaan setempat. Di antara contoh hasil seni sastra yang terkenal adalah:

1. Syair Panji Sumirang,
2. Cerita Wayang Kinundang,
3. Hikayat Panji Kuda Sumirang,
4. Lelakon Mesa Kuminir,
5. Suluk Sukarsa, dan
6. Hikayat Pandawa Lima,

Posting Komentar