RPP IPA Kelas IV SD - Bagi seorang guru pembuatan RPP merupakan suatu kewajiban dan keharusan untuk memandu pembelajaran selama satu semester kedepannya. Memang sangat banyak contoh RPP di berbagai website atau blog, namun untuk mendownloadnya harus klik sana klik sini tidak sedikit dengan link yang disamarkan sehingga untuk mendapatkan sebuah RPP harus dengan ekstra sabar.
Untuk itu sekarang sengaja RPP ini tidak didownload dan langsung dimuat dihalaman posting untuk dicopy paste tentunya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. StandarKompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Indikator
o Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
o Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
&Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun , Tanggung Jawab dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o Mengenal Rangka Manusia
o Bagian rangka
o Fungsi rangka
Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan.Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, dan setengah dari berat ini adalah air.
Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengahdisebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. Tulang Hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang rangka manusia F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendeskripsikan rangka manusia: - rangka kepala - rangka badan - rangka anggota gerak - sendi F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya | ( 50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
o Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
pertemuan 2 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengumpulkan pekerjaan rumah o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menagih tugas pertemuan sebelumnya F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia s F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka. F Melakukan kegiatan F Membuat kesimpulan dari kegiatan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
pertemuan 3 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang F Mengetahui bersikap tubuh yang benar. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti: - Lordosis - Kifosis - Skoliosis F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | o Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya. |
I. FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
C. Indikator
o Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
&Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
o Memelihara kesehatan rangka
Penyakit yang menyerang tulang
Bersikap tubuh yang benar
Makanan bergizi dan berolah raga teratur
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang F Mengetahui bersikap tubuh yang benar. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti: - Lordosis - Kifosis - Skoliosis F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) |
(5 menit) | |
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia o Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | o Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka manusia o Carikan informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
C. Indicator
o Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o Menjelaskan kegunaan alat indera
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o Siswa dapat Menjelaskan kegunaan alat indera
E. Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
F. Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera) :
o Mata
G. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o Otototip snellen, penggaris
H. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang alat indera manusia. F Menjelaskan cara kerja mata & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mampu menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya : - Alis mata - Kelopak mata - Bulu mata F Mampu menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata. F Mampu menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan.
F Melakukan kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali cara kerja mata | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
F Mengambar anatomi mata | |||||||
pertemuan 2 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengumpulkan pekerjaan rumah o Mengulang materi pertemuan sebelumnya o Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia. | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku. F Menjelaskan cara kerja lidah. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mampu menunjukkan bagian-bagian telinga
F Mampu mendeskripsikan cara kerja telinga F Melakukan kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali cara kerja mata | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
o Mengambar Alat Indera Manusia | |||||||
pertemuan 3 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya. o Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia. | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan fungsi hidung. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mengulang kembali cara kerja lidah. F Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang. F Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung F Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau F Melakukan kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara kerja lidah dan hidung | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
o Mengambar anatomi mata | |||||||
pertemuan 4 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya. o Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia. | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan fungsi kulit & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mengulang kembali cara kerja hidung. F Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit F Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba F Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap rangsangan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
o Mengambar anatomi mata |
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan o Menjelaskan kegunaan alat indera | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | o Sebutkan macam-macam alat indera manusia berdasarkan pengamatan o Jelaskan kegunaan alat indera |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
C. Indicator
o Memberi contoh cara merawat alat indera.
o Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
- Mata - Telinga - Lidah | - Hidung - Kulit |
o Siswa dapat Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk membaca ditempat yang kurang terang
&Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :
o Mata (hlm.16)
o Telinga (hlm.20)
o Lidah (hlm.22)
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami cara merawat mata. F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :
F Mengetahui cara mencegah penyakit mata tersebut. F Memahami cara merawat telinga. F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :
F Mengetahui cara mencegah penyakit telinga tersebut. F Memahami cara merawat lidah F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah. F Mengetahui cara mencegah penyakit lidah tersebut. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali cara merawat matam, telinga dan lidah. | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
o cara memelihara kesehatan panca Indera | |||||||
pertemuan 2 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengumpulkan pekerjaan rumah o Mengulang materi pertemuan sebelumnya o Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia. | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami cara merawat hidung. F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung. F Mengetahui cara mencegah penyakit hidung tersebut. F Memahami cara merawat kulit. F Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga. F Mengetahui cara mencegah penyakit kulit tersebut. F Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah F Menjelaskan cara kerja lidah. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali cara merawat hidung dan kulit | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
o Melakukan Tugas | |||||||
pertemuan 3 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya. o Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia. | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menagih tugas F Mengerjakan Uji kompetensi F Mengerjakan dan membahas Latihan ulangan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera Manusia. | (50 menit) | ||||||
(5 menit) | |||||||
F Melakukan Tugas |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Memberi contoh cara merawat alat indera. o Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. | Tugas Individu | Laporan | o Sebutkan contoh cara merawat alat indera. o Carikan informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
C. Indicator
o Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mendeskripsikan jenis akar serabut dan akar tunggang
o Siswa dapat Mendeskripsikan akar gantung, akar tunjang dan akar napas.
o Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan akar
&Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
A. Akar
o Struktur akar
o Keguanaan akar
F. Media Belajar
o Tumbuhan kecil
o Baskom dan air secukupnya
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menjelaskan akar tunggang dan memberikan contoh tanamannya - Mangga - Jeruk - Kacang-kacangan F Menjelaskan akar serabut dan memberikan contoh tanamannya F Menjelaskan akar-akar yang memiliki tugas khusus - Akar gantung - Akar pelekat - Akar tunjang - Akar napas F Menjelaskan kegunaan akar bagi tumbuhan seperti : - Menyerap air - Menyerap zat hara F Memperkokoh tumbuhan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan F Melakukan kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan | (50 menit) |
(5 menit) | |
o Menggambar akar berdasarkan kegiatan 2.1 untuk jenis akar yang lain |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | o Jelaskanlah bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
C. Indicator
o Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mendeskripsikan penggolongan batang:
- batang basah
- batang berkayu
- batang rumput
o Siswa dapat Mendeskripsikan penggunaan batang
& Karakter siswa yang diharapkan :Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Batang
o Jenis batang
o Kegunaan batang
F. Media Belajar
o Tumbuhan pacar cina
o Pisau, gelas, air
o Pewarna makan
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan F Memahami tentang batang tumbuhan seperti - batang basah - batang berkayu - batang rumput. F Menyebutkan tanaman yang memiliki batang basah, batang berkayu dan batang rumput. F Melakukan Kegiatan F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kegunaan batang dan jenis batang | (50 menit) |
(5 menit) | |
o Mengerjakan latihan |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | o Jelaskanlah bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
C. Indicator
o Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
o Siswa dapat Mengambarkan berbagai jenis daun pada kertas gambar melalui kegiatan pengamatan
o Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang daun
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Daun
o Bentuk daun
o Kegunaan daun
F. Media Belajar
o Berbagai daun
o Kertas gambar dan alat tulis
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan F Memahami tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan) F Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuki helai daun : - Tulang daun menyirip - Tulang daun menjari - Tulang daun melengkung - Tulang daun sejajar F Mendeskripsikan kegunaan daun : - Sebagai tempat pemasakan makanan - Sebagai alat pernapasan - Sebagai tempat terjadi proses penguapan F Menyebutkan beberapa kegunaan batang melalui kegiatan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kegunaan daun. | (50 menit) |
(5 menit) | |
o Mengerjakan tugas |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | o Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sumber Ilmu Pengetahuan.com
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu : 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
B. Kompetensi Dasar
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
C. Indicator
o Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian yang dimiliki bunga sempurna seperti :
- tangkai - dasar bunga - kelopak | -mahkota -benang sari -putik |
o Siswa dapat Mendeskripsikan kegunaan bunga sebagai :
- Hiasan tumbuhan
- Tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan
o Siswa dapat Mendeskripsikan buah sebagai pelindung dari biji yang merupakan bakal tumbuhan baru
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
& Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Bagian Lain Tumbuhan
o Bunga
o Buah dan biji
F. Media Belajar
o Kembang sepatu
o Kertas gambar dan alat tulis
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1 | |||
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan F Memahami tentang bunga dan bagiannya :
F Melakukan kegiatan. F Mampu menunjukkan bagian bunga F Menyebutkan kegunaan bunga : - Hiasan tumbuhan - Tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: o Mengulang kegunaan bunga. | (50 menit) | ||
(5 menit) | |||
Mengerjakan tugas | |||
pertemuan 2 | |||
Apersepsi dan Motivasi o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: o Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan o Memahami tentang buah dan biji. o Menyebutkan bagian buah : - Tangkai - Kulit - Daging - Biji o Menjelaskan kegunaan buah dan biji & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: o Mengulang kegunaan buah dan biji.. | (50 menit) | ||
(5 menit) | |||
o Menyelesaikan latihan |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | o Jelaskanlah Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Bersambung ke RPP IPA Kelas IV SD (1)
Posting Komentar