RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sibarasok Community
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 4 sampai 6 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya
III. Indikator
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat sumber daya alam
· Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
· Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
· Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
· Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada didaerahnya
· Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
¨ Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
o Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat sumber daya alam
o Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
o Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
o Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
o Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada didaerahnya
o Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur dan Ketelitian
V. Materi Pokok
§ Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya
VI. Metode Pembelajaran
- ceramah
- tanya jawab
- diskusi
- demontrasi
- penugasan
VII. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
Pertemuan 1
· Kegiatan awal
- Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan alam lainnya yang ada di daerahnya
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
F Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
F Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di Sumatera Barat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup :
F Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
· Kegiatan awal
- Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
F Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa merangkum materi pelajaran
Pertemuan 3
· Kegiatan awal
- Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
F Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya
F Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup :
F Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
VIII. Alat dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar kenampakan/pemandangan alam
Gambar pakaian adat se-Indonesia
Gambar rumah adat se-Indonesia
Gambar bencana alam
§ Sumber : Buku IPS kelas IV
Buku pendamping yang relevan
IX Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam § Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota provinsi tempat tinggalnya § Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya § Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya § Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya § Menunjukkan tempat budaya di daerahnya | Tes Tulis | Uraian | Jelaskan ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan .... Pabrik termasuk kenampakan alam .... Pemandangan alam termasuk kenampakan alam .... Suku Sasak terdapat di Provinsi .... Rumah gadang terdapat di daerah .... Tari jaipongan ada di daerah.. Masyarakat pesisir kebanyak- an bekerja di bidang.... Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa .... Keris sebagai senjata tradisional dari .... Rumah joglo berasal dari .... |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * berpengetahuan * kadang-kadang berpengetahuan * tidak berpengetahuan * bersikap baik * kadang-kadang bersikap baik * tidak bersikap baik | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RPP IPS Kelas 4 Selengkapnya Silahkan Lihat atau Download Pada Link Dibawah Ini :
Posting Komentar