Hewan dan Tumbuhan yang Mendekati Kepunahan - Kepunahan hewan telah dialami oleh dinosaurus. Dinosaurus adalah hewan yang hidup jutaan tahun yang lalu dan telah punah. Fosil adalah bukti bahwa dinosaurus itu ada dan pernah hidup jutaan tahun yang lalu. 

Kita harus melestarikan makhluk hidup di sekeliling kita agar tidak punah seperti dinosaurus.

Beraneka ragam jenis hewan dan tumbuhan dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa. Kita harus bersyukur dengan keadaan itu. Akan tetapi, beberapa jenis makhluk hidup sangat jarang kita jumpai sekarang ini. Mereka adalah hewan dan tumbuhan langka yang hampir punah.

1. Hewan Langka

Hewan yang Mendekati Kepunahan
Kucing, ayam, kambing, dan sapi adalah contoh hewan yang sering kita temui. sedangkan Harimau, badak bercula satu, dan burung cendrawasih adalah contoh hewan langka. Mereka sangat jarang kita temui. 

Kelangkaan hewan-hewan tersebut disebabkan oleh perburuan liar yang dilakukan manusia. Misalnya, badak bercula satu yang diburu untuk diambil culanya. Badak bercula satu hidup di Ujung Kulon. Burung cendrawasih diburu manusia untuk diambil bulunya. Bulu cendrawasih sangat indah. 

Burung cendrawasih hidup di Papua (Irian Jaya). Burung ini sering disebut burung surga. Burung lain yang hampir punah, yaitu jalak bali, beo, dan cucak rowo. Hewan langka lainnya adalah harimau Sumatra. Harimau ini hidup di hutan Sumatra. Harimau ini memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau lainnya. Gajah, panda, komodo, dan orang utan juga terancam punah.

Panda merupakan hewan yang lucu. Panda digunakan sebagai simbol organisasi perlindungan satwa langka. Panda hidup di daratan Cina. Makanan panda adalah bambu yang masih muda. Tubuh panda berwarna hitam dan putih. Bagian tubuh yang berwarna hitam adalah telinga, tangan, seputar mata, dan kaki. Bagian tubuh lainnya berwarna putih.

Orang utan termasuk hewan yang dilindungi. Akan tetapi, sebagian orang memelihara orang utan di rumah. Orang utan adalah sejenis kera yang banyak hidup di hutan Sumatra dan Kalimantan.

Komodo juga termasuk hewan langka. Komodo hidup di Pulau Komodo yang terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur. Bentuk komodo seperti kadal, tetapi ukurannya jauh lebih besar. Komodo adalah hewan karnivora yang menyerang musuhnya dengan ganas jika merasa terancam.

2. Tumbuhan Langka

Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan yang dilindungi. bunga ini disebut dengan bunga bangkai karena pada saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk. Bunga ini memiliki ukuran yang cukup besar tinggi bunga dapat mencapai 2 meter, lebar mahkotanya dapat mencapai 2,5 meter. 

Buah jamblang (duwet) memiliki rasa yang kurang enak. Oleh karena itu, manusia kurang tertarik untuk mengembangbiakkan tumbuhan ini. Akibatnya, tumbuhan ini lama kelamaan terancam punah. Kelangkaan makhluk hidup dapat disebabkan oleh kurangnya minat manusia untuk mengembang-biakkannya. Selain itu, perburua  yang berlebihan dan bencana alam juga dapat menyebabkan kelangkaan makhluk hidup.

Posting Komentar