Kemampuan Menghantarkan Panas dari Berbagai Benda - Benda menjadi panas karena peristiwa perambatan panas. Artinya, panas dari benda yang satu berpindah ke benda lainnya. Panci yang kita gunakan untuk memasak akan menjadi panas. Panas yang diterima panci berasal dari panas pada api kompor.

Cobalah panaskan salah satu ujung sendok dengan api. Apakah ujung sendok yang lain juga ikut panas ? Sendok dan panci disebut konduktor. Konduktor adalah benda-benda yang dapat atau mudah menghantarkan panas. 

Kemampuan Menghantarkan Panas Benda
Sebaliknya, benda-benda yang tidak dapat atau sukar menghantarkan panas disebut isolator. Sendok, panci, penggorengan, dan paku termasuk benda konduktor. Jika kita menyentuh panci yang sedang dipanaskan, tangan kita akan merasakan panas. Hal ini dikarenakan terjadi perpindahan panas dari api yang dihasilkan kompor menuju ke panci. 

Alat-alat memasak biasanya mudah menghantarkan panas. Ada juga bagian alat memasak yang terbuat dari bahan isolator. Misalnya, pegangan panci atau penggorengan yang terbuat dari kayu atau bahan plastik. Adanya bahan tersebut menyebabkan panas tidak merambat ke bagian pegangan panci. Akibatnya, saat memegang panci atau penggorengan tangan kita tidak merasa panas.

Benda konduktor yang terkena sumber panas akan meneruskan panas yang diterimanya ke bagian lainnya. Sebaliknya, bahan isolator tidak dapat meneruskan panas ke bagian lainnya. Coba sebutkan benda di sekitar sekolahmu yang termasuk benda konduktor dan isolator.

Posting Komentar