RPP IPA Kelas 5 Lengkap - RPP atau Rencana Pelaksanaan dan Pembelajaran IPA Kelas 5 ini semoga dapat membantu para guru Sekolah Dasar dalam menyusun Rencana Pelaksanaan dan Pembelajaran pada semester tahun ini. berikut RPP IPA Kelas 5 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Sibarasok Community
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar,merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
D. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o Siswa dapat Memahami istilah dari
- Diagfragma - Gelambir - Pleura - Bronkus | - Alveolus - Pundi-pundi - Labirin - Stigma |
o Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
- Manusia - Burung - Reptil - Amfibi | - Ikan - Serangga - Cacing |
o Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Tanggung jawab Dan Ketelitian
E. Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |||||||
1. Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan - Paru-paru - Hidung - Tenggorokan F Memahami istilah dari
F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut F Memahami proses pernapasan F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
3. Penutup o Mengulang proses pernapasan | (5 menit) | ||||||
4. Pekerjaan Rumah o – | |||||||
Pertemuan ke-2 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Melakukan kegiatan F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1 | (5 menit) | ||||||
o tugas 1.1 | |||||||
Pertemuan ke-3 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F Memahami istilah dari
F Memahami proses pernapasan pada :
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda | (5 menit) | ||||||
o | |||||||
Pertemuan ke-4 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi. | (5 menit) | ||||||
& sEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman F Memahami gejala penyakit :
F Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
& Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan. | (5 menit) | ||||||
o - |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | o Jelaskanlah alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. o Buatkanlah model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RPP Lengkapnya Silahkan Lihat atau Download Pada Link Berikut :
Posting Komentar