Peninggalan Kebudayaan Pada Masa Kolonial Eropa - Zaman kolonial Eropa yang berlangsung pada 1511-1942 telah meninggalkan nilai-nilai yang tertanam dalam kebudayaan Indonesia. 

Bentuk peninggalannya beranekaragam yang dapat dilihat terutama pada kehidupan masyarakat Indonesia bagian timur. Peninggalan kebudayaan Eropa yang terdapat di Indonesia umumnya berbentuk sebagai berikut.

1. Jalan Kereta Api

Jalan kereta api banyak dibangun pada abad ke-19 pada saat angkutan transportasi jalan tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam mengangkut hasil perkebunan, khususnya ketika perkebunan di daerah Jawa dan Sumatra semakin berkembang. Perusahaan pertama yang mengembangkan sarana transportasi ini di Indonesia adalah Poolman pada tahun 1863 yang membuat jalur Semarang-Yogyakarta.

Peninggalan Kebudayaan Pada Masa Kolonial Eropa
2. Arsitektur dan Ornamen Bangunan

Peninggalan dalam bentuk ornamen bangunan dapat kita lihat di beberapa kota besar. Contoh bangunan peninggalan bangsa Eropa antara lain bangunan Gedung Sate di Bandung yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat, Gedung Pakuan sebagai tempat Gubernur Jawa Barat, Gedung Bumi Siliwangi atau Gedung Isola Universitas Pendidikan Indonesia yang terdapat di Kota Bandung.

3. Kesenian

Peninggalan dalam bidang kesenian tampak pada seni musik, seperti musik keroncong yang berasal dari Portugis. Dalam dunia permusikan Indonesia, terdapat keroncong berbahasa Portugis, yaitu Keroncong Morisco.

4. Meriam

Peninggalan lainnya dalam bentuk benda-benda keramat seperti meriam-meriam yang terkenal dengan nama Nyai Setomi di Solo dan Ki Amuk di Banten.

5. Penyebaran Agama Kristen

Orang Portugis yang pertama membawa dan menyebarkan agama Kristen adalah Franciscus Xaverius. Ia adalah seorang misionaris yang mengembangkan agama Kristen di wilayah Ambon Maluku, sehingga banyak orang Ambon yang memeluk agama Kristen. 

Agama Kristen memang menjadi salah satu misi yang dibawa oleh para kolonisator yang datang dari Portugis ke Eropa, sehingga dalam setiap pelayaran yang dilakukan diikuti oleh proses penyebaran agama dan hasilnya cukup banyak orang Indonesia yang memeluk agama kristen, khususnya Indonesia bagian timur.

Posting Komentar