RPP IPS KELAS 4
RPP IPS Kelas 4 Lengkap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Sibarasok Community
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            :   IV/I
Alokasi Waktu             :   9 jam pelajaran @ 35 menit
                                          Pertemuan Minggu ke-  4 sampai 6 (3 minggu)

I.       Standar Kompetensi
1.       Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi

II.    Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya   

III. Indikator
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat sumber daya alam
·         Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
·         Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
·         Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
·         Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada didaerahnya
·         Menunjukkan tempat budaya di daerahnya

IV.  Tujuan Pembelajaran
¨      Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu : 
o   Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat sumber daya alam
o   Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
o   Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
o   Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
o   Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada didaerahnya
o   Menunjukkan tempat budaya di daerahnya

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur  dan  Ketelitian

V.    Materi Pokok
§  Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

VI. Metode Pembelajaran
-      ceramah
-      tanya jawab
-      diskusi
-      demontrasi
-      penugasan

VII. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
Pertemuan 1
·         Kegiatan awal
-      Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan alam lainnya yang ada di daerahnya
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
F Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
F Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di Sumatera Barat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup :
F Siswa membuat rangkuman materi


Pertemuan 2
·         Kegiatan awal
-      Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten Agam dan provinsi Sumatera Barat
F Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa merangkum materi pelajaran

     Pertemuan 3
·         Kegiatan awal
-      Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
F Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya
F Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup :
F Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

VIII. Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar kenampakan/pemandangan alam
Gambar pakaian adat se-Indonesia
Gambar rumah adat se-Indonesia
Gambar bencana alam
§  Sumber          :  Buku IPS  kelas IV 
Buku pendamping yang relevan

IX Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
§ Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota                         provinsi tempat tinggalnya
§ Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
§ Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
§ Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
§ Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
­      Tes Tulis
­      Uraian
­      Jelaskan ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
­      Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
­      Pabrik termasuk kenampakan alam ....
­      Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
­      Suku Sasak terdapat di Provinsi ....
­      Rumah gadang terdapat di daerah ....
­      Tari jaipongan ada di daerah..
­      Masyarakat pesisir kebanyak- an bekerja di bidang....
­      Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa ....
­      Keris sebagai senjata tradisional dari ....
­      Rumah joglo berasal dari ....



Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* berpengetahuan
* kadang-kadang berpengetahuan
* tidak berpengetahuan
* bersikap baik
* kadang-kadang bersikap baik
* tidak bersikap baik
4
2
1
4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS

          ..................................                                            ..................................

NIP :                                                                     NIP :

RPP IPS Kelas 4 Selengkapnya Silahkan Lihat atau Download Pada Link Dibawah Ini :

Posting Komentar