Cara Melestarikan Makhluk Hidup - Antara makhluk hidup yang satu dan lainnya terjadi hubungan saling ketergantungan. Dalam rantai makanan, manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan yang berperan sebagai produsen. 

Tumbuhan juga membutuhkan manusia juga hewan. Keseimbangan alam, dapat terganggu jika salah satu jenis makhluk hidup terancam punah. 

Jika kita tidak melestarikan hewan dan tumbuhan langka, maka hewan dan tumbuhan langka tersebut dapat punah seperti halnya dinosaurus. Anak cucu kita tidak akan mengenal lagi jenis hewan dan tumbuhan tersebut. Untuk itu, kita harus menjaga kelestarian makhluk hidup. Cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan makhluk hidup lainnya adalah sebagai berikut.

1. Melindungi Tempat Hidupnya

Cara Melestarikan Makhluk Hidup
Untuk melindungi hewan dan tumbuhan dari perburuan liar, pemerintah membuat berbagai peraturan. Peraturan tersebut melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelanggaran terhadap peraturan dapat dikenai sanksi hukum. Oleh karena itu, manusia takut berburu hewan langka karena dapat dikenai hukuman.

Pemerintah mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa untuk melindungi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Masih ingatkah kamu tentang cagar alam dan suaka margasatwa ?
Makhluk hidup yang habitatnya di cagar alam dan suaka margasatwa dilindungi kelestariannya oleh undang-undang. Perlindungan ini ditujukan agar tumbuhan dan hewan dapat hidup bebas di tempat asalnya. Pemerintah juga membuat taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam bagi masyarakat umum.

2. Perkembangbiakan Secara Buatan

Salah satu penyebab kepunahan makhluk hidup adalah campur tangan manusia. Oleh karena itu, manusia juga harus bertanggung jawab untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Contoh kepedulian manusia terhadap kelestarian alam adalah perkembangbiakan secara buatan.

Caranya adalah membuat tempat penangkaran untuk mengembangbiakkan hewan. Misalnya, penangkaran buaya di Papua dan penangkaran orang utan di Tanjung Puting. Pelestarian tumbuhan dilakukan dengan penanaman dan penyilangan tumbuhan langka. Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah hewan dan tumbuhan langka tersebut.

Itulah beberapa cara pelestarian makhluk hidup, kamu juga segera memberi andil dalam pelestarian lingkungan dengan ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan disekitar tempat tinggal kamu.

Posting Komentar