Bagian Tubuh Hewan yang Sering Dimanfaatkan Manusia - Hewan juga termasuk sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan makanan dan bahan sandang. 

Daging dan telur yang diperoleh dari hewan bermanfaat sebagai bahan makanan. Kulit hewan dimanfaatkan untuk membuat, sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan jaket. Ada juga hewan yang dimanfaatkan tenaganya seperti kuda dan kerbau.

Bagian Tubuh Hewan yang Sering Dimanfaatkan Manusia
Pada zaman dahulu, manusia berburu hewan untuk memenuhi kebutuhannya. Sekarang ini kegiatan berburu menjadi sebuah hobi. Berburu dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Misalnya, ikan hiu diburu untuk diambil siripnya. Sirip hiu digunakan untuk membuat sup. Sup sirip hiu sangat mahal karena lezat dan hiu juga memiliki khasiat tertentu. Ikan paus diburu secara besar-besaran untuk diambil daging dan minyaknya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terkadang manusia tidak memedulikan keseimbangan ekosistem. Misalnya ular, buaya, dan harimau diburu untuk diambil kulitnya. Gajah diburu untuk diambil gadingnya dan badak diburu untuk diambil culanya. Kematian hewan-hewan tersebut dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan lingkungan.

Apakah akibatnya jika jumlah ular berkurang karena banyak diburu ?
Ular adalah hewan pemangsa tikus. Jika jumlah ular berkurang, perkembangbiakan tikus semakin pesat. Ini karena pemangsanya tidak ada. Oleh karena itu, keseimbangan ekosistem jadi terganggu. Akibatnya, hama tikus yang merusak tanaman milik petani jumlahnya semakin banyak. Keseimbangan ekosistem yang terganggu akibat perbuatan manusia merugikan manusia itu sendiri.

Posting Komentar