Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia - Perkembangan manusia dimulai dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan akan terhenti setelah manusia dewasa mencapai usia tertentu. Setelah dewasa, manusia akan beranjak memasuki usia lanjut.  Segala sesuatu yang ada di bumi ini tercipta atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Begitu juga dengan keberadaan kita sekarang ini.

Sebelum dilahirkan, janin mengalami proses perkembangan di dalam rahim. Hal ini terjadi selama kurang lebih sembilan bulan sepuluh hari. Selama masa tersebut akan terjadi pembentukan berbagai alat tubuh. Misalnya, jantung, otak, ginjal, paru-paru, dan usus.

http://www.sibarasok.info/2013/04/perkembangan-dan-pertumbuhan-manusia.html
Seorang bayi sudah memiliki bagian tubuh yang lengkap seperti yang dimiliki manusia dewasa. Akan tetapi, ada juga bagian tubuh manusia dewasa yang tidak dimiliki bayi. Bayi yang baru lahir belum mempunyai gigi. Gigi bayi mulai tumbuh sekitar usia enam bulan. Setelah itu, berat tubuhnya akan bertambah besar dan gerakannya lebih lincah.

Bagian-bagian tubuh bayi akan mengalami pertumbuhan. Bagian-bagian tubuh tersebut akan bertambah besar, panjang, dan kuat. Pada masa balita (bawah lima tahun), manusia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Pada masa balita kekebalan tubuh manusia belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu, imunisasi sangat diperlukan agar balita tidak mudah sakit.

Setelah masa balita, manusia akan mengalami masa kanak-kanak (5–10 tahun). Manusia mengalami pertumbuhan fisik dan mental yang sangat cepat pada masa ini. Pada masa ini manusia dapat bergerak, berbicara, serta mulai dapat berpikir dan bersikap. Oleh karena itu, asupan gizi yang cukup dan lingkungan yang baik sangat dibutuhkan. Hal ini berguna bagi proses pertumbuhan fisik dan mentalnya.

Pada usia 12–17 tahun, manusia memasuki masa remaja. Pada masa ini mulai tampak perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon antara laki-laki dan perempuan. Pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi manusia terjadi pada masa ini.

Setelah remaja, manusia akan mengalami masa dewasa (18–40 tahun). Puncak perkembangan manusia terjadi pada masa ini. Manusia dewasa memiliki kesiapan dan kematangan mental. Selanjutnya, manusia dewasa akan beranjak memasuki masa lanjut usia.

Pada masa ini terjadi kemunduran fungsi organ-organ tubuh. Manusia lanjut usia akan mengalami pengeroposan tulang dan kulit wajah keriput. Kemampuan bereproduksi mereka juga menurun. Gerakan manusia lanjut usia menjadi lebih lambat dan lebih mudah lelah. Selain itu, banyak manusia lanjut usia yang penglihatannya mulai kabur dan sulit mendengar. 

Demikianlah Materi Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia, selamat belajar.

Posting Komentar